Thursday 16th of May 2024

Sejarah Gerakan Apra di Jawa Barat yang Timbulkan Pemberontakan Cek Tujuannya di Sini

×

Sejarah Gerakan Apra di Jawa Barat yang Timbulkan Pemberontakan Cek Tujuannya di Sini

--

ASCOMAXX.com - Tahukah kamu apa itu Gerakan Apra? Sebagai warga negara Indonesia setidaknya satu atau dua kali kita pasti pernah mendengar istilah yang satu ini. Di bawah ini akan kami sampaikan informasi untukmu terkait dengan Gerakan Apra. Selengkapnya di bawah ini.

Pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) merupakan peristiwa kudeta militer yang berlangsung di Bandung pada 23 Januari 1950 yang dilakukan oleh pasukan KNIL (Koninklijk Nederlands-Indische Leger) di bawah pimpinan Kapten Raymond Westerling. Begini sejarahnya.


Baca juga: Sejarah Bendungan Kedung Ombo, Pembangunannya Makan Biaya Fantastis Bikin indonesia Menerima Suntikan Dana Bank Dunia

Baca juga: Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur: Sejarah, Fakultas dan Jurusan, Serta Informasi Pendaftaran 2023

Baca juga: Sejarah Bendungan Sermo, Waduk Populer di Kulonprogo yang Diresmikan Oleh Presiden Soeharto

Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) adalah kelompok milisi pro-Belanda yang didirikan Kapten Raymond Westerling pada masa Revolusi Nasional Indonesia.

Untuk anggota APRA sendiri kebanyakan direkrut dari bekas prajurit KNIL, terutama dari prajurit Regiment Speciale Troepen (Regimen Pasukan Khusus) dengan jumlah pasukan APRA sekitar 2000 orang pada 1950.

Sumber:

UPDATE TERBARU