Monday 29th of April 2024

Cara Membuat Mind Mapping Sejarah Kerajaan Kutai yang Mudah Buat Belajar

×

Cara Membuat Mind Mapping Sejarah Kerajaan Kutai yang Mudah Buat Belajar

--

ASCOMAXX.com – Belajar mengenai kerajaan memang menyenangkan. Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai cara membuat mind mapping sejarah kerajaan kutai yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Kerajaan Kutai sendiri adalah kerajaan Hindu tertua di Indonesia yang didirikan sekitar abad ke-4. Letak kerajaan ini berada di daerah Muara Kaman di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.


Keberadaan Kutai diketahui usai ditemukannya tujuh Prasasti Yupa yang ditulis dengan huruf Pallawa dengan Bahasa Sanskerta.

Baca juga: Mengenal Alat Musik Tradisional Talindo Khas Dari Adat Suku Toraja Sulawesi Selatan

Baca juga: Sinopsis Film India Bloody Daddy (2023), Kisah Petualangan Petugas Menindak Transaksi Raja Narkotika

Baca juga: Cara Memadukan Warna Outfit Mocca dan Milo yang Elegan, Auto Jadi Cewek Bumi

Rajanya yang paling terkenal adalah Mulawarman yang disebut-sebut sebagai raja yang memiliki budi pekerti baik, kuat, dan pernah mengadakan upacara persembahan 20.000 ekor lembu untuk kaum Brahmana yang bertempat di Waprakecvara.

Pada masa pemerintahan Mulawarman, upacara penghinduan ini dipimpin oleh pendeta/kaum Brahmana dari orang Indonesia asli.

Di bawah kekuasaan Raja Mulawarman kehidupan ekonomi kerajaan mengalami perkembangan pesat dari sektor pertanian dan perdagangan karena letaknya sangat strategis.

Sumber:

UPDATE TERBARU