Sunday 19th of May 2024

Nama Suku-Suku di Pulau Sumatera dan Penjelasannya, dari Melayu Hingga Lampung Pepadun

×

Nama Suku-Suku di Pulau Sumatera dan Penjelasannya, dari Melayu Hingga Lampung Pepadun

--


Pulau ini juga terkenal dengan budaya yang mana terdapat beberapa suku yang mendiami wilayah tersebut. Lantas, ada suku apa saja?

Baca juga: Sinopsis Drama Korea The King of Pigs (2022) Adaptasi Dari Film Animasi yang Digarap Berdasarkan Kisah Nyata

Baca juga: Link Baca Manhwa Murim Login Full Chapter Bahasa Indonesia, Perjuangan Jin Taekyung Selamatkan Dunia Dari Monster Sadis


Baca juga: Apa Saja Trend Make Up Terbaru 2023? Berikut Daftar Lengkapnya, Ada Glass Skin yang Masih Populer dari Tahun Kemarin

Nama-nama Suku di Pulau Sumatera

Secara umum, penduduk Sumatera sendiri mayoritas beragama Islam dan sebagian kecil merupakan penganut ajaran Kristen Protestan, terutama di wilayah Tapanuli dan Toba-Samosir, Sumatra Utara.

Di wilayah perkotaan, seperti Medan, Pekanbaru, Batam, Pangkal Pinang, Palembang, dan Bandar Lampung dijumpai juga beberapa penganut Buddha.

Pulau Sumatera terkenal didiami oleh bangsa Melayu, yang terbagi ke dalam beberapa suku/subsuku. Berikut ini adalah suku-suku di Pulau Sumatera:

1. Suku Aceh

Suku ini mendiami provinsi Aceh di bagian paling barat negara Indonesia. Suku yang mayoritas beragama Islam ini memiliki keanekaragaman budaya yang kental akan unsur-unsur Islam. Saat ini, jumlah suku Aceh berkisar di angka 3.526.000 dengan bertempat paling besar di provinsi Aceh.

Sumber:

UPDATE TERBARU