Saturday 22nd of June 2024

Kumpulan Contoh Soal UP (Uji Pengetahuan) PPG Tahun 2023 Pretest, Sesuai Kisi-kisi Soal yang Akan Diujikan

×

Kumpulan Contoh Soal UP (Uji Pengetahuan) PPG Tahun 2023 Pretest, Sesuai Kisi-kisi Soal yang Akan Diujikan

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut akan kami sajikan pembahasna mengenai contoh soal pretest PPG 2023. Umunnya, dalam pemaparan soal yang diberikan berkaitan dengan kaitan materi pedagogik.

Dalam pembahasan berikut akan disesuaikan dengan kisi-kisi terbaru, lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan. Simak ulasannya di bawah ini!


Pendidikan merupakan pintu gerbang dari perubahan. Adanya pendidikan, akan membuat perubahan ke arah kebaikan. Namun, pendidikan di Indonesia masih menemui beberapa kendala yang tidak kunjung terselesaikan.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan program Pendidikan Profesi Guru. Melalui program tersebut, pemerintah berharap dapat menghasilkan tenaga pendidik (guru) yang profesional dan unggul.

Baca juga: Contoh Soal Tes Kampus Mengajar, Hadirkan Latihan Literasi dan Numerasi

Baca juga: Kumpulan Prediksi Soal Tes TKD Online Rekrutmen Bersama BUMN 2023, Dilengkapi dengan Kunci Jawaban!

Baca juga: Contoh Soal Tes Skolastik di SNBT Masuk Universitas Tahun 2023 : Sudah Sesuai Dengan Kurikulum Merdeka

PPG merupakan sebuah program yang digagas pemerintah untuk mempersiapkan tenaga pendidik (guru) profesional yag mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Mahasiswa yang memiliki impian menjadi tenaga pendidik profesional bisa mengikuti program ini.

Contoh Soal UP (Uji Pengetahuan) PPG Tahun 2023

SOAL 1

Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan…

A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spiritual

Jawaban: A

SOAL 2

Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan…

A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)

Jawaban: A

Sumber:

UPDATE TERBARU