Monday 3rd of June 2024

Pondok Pesantren Al-Ishlah Lamongan: Profil, Lokasi, dan Sejarah Ponpes

×

Pondok Pesantren Al-Ishlah Lamongan: Profil, Lokasi, dan Sejarah Ponpes

--

Lokasi Pondok Pesantren Al-Ishlah

Pondok Pesantren Al-Ishlah sendiri berlokasi di Jl. Raya Sendangagung, Desa Sendangagung, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62264, Indonesia.

Baca juga: Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Daarul Rahman Jakarta, Turut Ikuti kemajuan Teknologi dan Berpegang Teguh Pada Ilmu Agama Islam


Baca juga: 5 Pondok Pesantren Tertua di Jawa Timur, Tempat Belajar Agama Islam Untuk Putra dan Putri

Baca juga: Profil Pondok Pesantren Miftahul Huda Boyolali, Lembaga Pendidikan Islami, Berprestasi dan Profesional

Sejarah Singkat Pondok Pesantren Al-Ishlah

Diketahui jika Pondok Pesantren Al-Ishlah didirikan pada 13 September 1986 oleh Drs. Muhammad Dawam Saleh, seorang sarjana filsafat UGM yang juga alumni Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo.

Awal berdiri, pondok yang terletak di Desa Sendangagung, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan ini hanya berupa sebuah rumah tua di atas lahan seluas 25 m x 35 m. Dari rumah inilah Muhammad Dawam mengawali pembinaan santri-santri pertamanya yang tak lebih dari 10 orang.

Ketika mengawali perintisan pesantren di tahun 1982, kendala terbesar yang dihadapi Muhammad Dawam adalah minimnya dukungan masyarakat terhadap cita-cita yang ditawarkan.

Salah satu sebabnya yaitu karena pesantren yang hendak dibangun tidak diarahkan untuk berafiliasi ke golongan tertentu, melainkan berdiri di atas dan untuk semua golongan, seperti Pondok Modern Gontor.

Sumber:

UPDATE TERBARU