Monday 20th of May 2024

Sejarah Pondok Pesantren Daar El-Qolam Banten, Didirikan Oleh K.H Qasad Mansyur dan Drs. K.H. Ahmad Rifai Arief

×

Sejarah Pondok Pesantren Daar El-Qolam Banten, Didirikan Oleh K.H Qasad Mansyur dan Drs. K.H. Ahmad Rifai Arief

--

Daar El-Qolam mulai menampakkan perkembangannya, pada tahun 1983. Jalinan silaturahminya dengan K.H. Muhammad Natsir, seorang ulama kharismatik Indonesia, banyak membantu Rifai, sehingga dia membantu Rifa'i untuk mendapatkan bantuan dana dari Arab Saudi.

Baca juga: Selamat Malam Dalam Bahasa Arab dan Cara Menjawabnya, Menjalin Hubungan Baik Sesama Muslim


Baca juga: Film The Kerala Story (2023) Dikecam Aktivis Muslim! Sutradara:  Hanya Para Jihadis dan Radikal yang Menentang Film Saya

Baca juga: Kumpulan Link Grup WhatsApp Janda Muslimah Siap Nikah Terbaru, Buruan Join Sebelum Full

Pada tahun 1983 silam, pemerintah Kerajaan Saudi Arabia memberikan bantuan uang sebesar 64 juta rupiah. Uang itu digunakan untuk membangun asrama putra yang kemudian diberi nama Gedung al-Saudi (مبنى السعودي). Sebagian uang yang lain, dibelikan tanah untuk ekspansi wilayah pondok.

Pada dekade 1980-an hingga sekarang, Daar el-Qolam semakin mendapatkan kepercayaan masyarakat luas yang datang dari berbagai provinsi di Indonesia. Sistem pendidikannya yang modern, penerapan disiplin hidup dan beribadah menjadi alasan para orang tua untuk mendidik anaknya di Daar el-Qolam.

Nah, itulah informasi mengenai sejarah Pondok Pesantren Daar El-Qolam Banten. Jika kamu ingin mendapatkan informasi lebih lanjutnya, kamu bisa mengunjungi website resminya DISINI. Semoga bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU