Thursday 9th of May 2024

Sejarah Pondok Pesantren Daar El-Qolam Banten, Didirikan Oleh K.H Qasad Mansyur dan Drs. K.H. Ahmad Rifai Arief

×

Sejarah Pondok Pesantren Daar El-Qolam Banten, Didirikan Oleh K.H Qasad Mansyur dan Drs. K.H. Ahmad Rifai Arief

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai sejarah Pondok Pesantren Daar El-Qolam Banten yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Melansir dari berbagai sumber, Pondok Pesantren Daar El-Qolam merupakan gagasan Haji Qasad Mansyur yang direalisasikan oleh Drs. K.H. Ahmad Rifai Arief (1942-1997).


Baca juga: Info Pendaftaran Pondok Pesantren Al-Masthuriyah Sukabumi, Ini Dia Syarat dan Kontaknya

Baca juga: Profil Pondok Pesantren Al Hamid Jakarta Timur dan Metode Pendidikan, Berikan Pendidikan Formal Berbasis Salafiyah

Baca juga: 7 Pondok Pesantren Tahfidz Qur'an Terbaik di Indonesia dan Jadi Favorit Orang Tua

Lembaga pendidikan Islam ini merupakan model integrasi antara sistem pendidikan pondok dengan sistem pendidikan madrasah dan sekolah. Hingga Juli 2012, Pondok Pesantren Daar el-Qolam adalah pondok pesantren terbesar di Banten, dengan jumlah kurang lebih 5000 jiwa.

Lokasi Pondok Pesantren Daar El-Qolam

Pondok Pesantren Daar El-Qolam sendiri berlokasi di Kampung Tipar, Desa Cibolangkaler (dulu Desa Cibungaok, kemudian Desa Cimahi), Kecamatan Cisaat, Kabupaten Banten (7 km arah barat kota Banten).

Sejarah Pondok Pesantren Daar El-Qolam

K.H. Ahmad Rifa'i Arief adalah seorang alumnus Pondok Pesantren Modern Gontor, Ponorogo, Jawa Timur pada tahun 1964. Sebelum mendirikan pesanten Daar el-Qolam, dia mengajar terlebih dahulu di almamaternya selama dua tahun.

Sumber:

UPDATE TERBARU