Monday 20th of May 2024

Sejarah Pondok Pesantren Daar El-Qolam Banten, Didirikan Oleh K.H Qasad Mansyur dan Drs. K.H. Ahmad Rifai Arief

×

Sejarah Pondok Pesantren Daar El-Qolam Banten, Didirikan Oleh K.H Qasad Mansyur dan Drs. K.H. Ahmad Rifai Arief

--

Sempat mengkaji beberapa kitab klasik di beberapa pondok pesantren tradisional. Pada tahun akhir 1967, dia kembali ke kampungnya, Gintung, untuk membantu ayahnya H. Qasad Mansyur mengelola Madrasah Ibtidaiyah Masyariqul Anwar (مشارق الأنوار).

Baca juga: Contoh Desain Dekorasi Panggung Pengajian Sederhana yang Islami dan Modern


Baca juga: Sejarah Pondok Pesantren Tazkia Malang, Yayasan Sekolah Islam Modern Bertaraf Internasional

Baca juga: Keunggulan Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Solo, Sistem Pendidikan Sudah Bertaraf Internasional

H. Qasad Mansyur, memang menghendaki adanya lembaga pendidikan tingkat mkannya ke jenjang yang lebih tinggi. Lalu dia menyarankan agar putranya, Ahmad Rifai Arief, untuk mendirikan sebuah pondok pesantren seperti halnya pesantren almamaternya, Gontor.

Saran ayahnya itu akhirnya direalisasikan oleh Ahmad Rifa'i Arief untuk mendirikan sebuah pesantren yang diberi nama Daar el-Qolam (دار القلم), yang secara terminologi berarti Kampung Ilmu.

Satu-satunya perangkat infrastrdikan di pesantren Daar El-Qolam pada waktu itu hanyalah sebuah dapur tua milik neneknya, Hj. Pengki yang direnovasi menjadi sebuah ruangan untuk belajar. Hj.Pengki juga mewakafkan tanah seluas satu hektare.

Masa-masa awal pendidikan pondok dilaluinya dengan berbagai kesulitan dan keterbatasan sarana. Namun, dengan keterbatasan itu tidak menghalanginya untuk terus berbuat. Rifai tetap konsisten dengan niatnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU