Sunday 5th of May 2024

Gejala Penyakit Anemia Beserta Penyebab dan Cara Pengobatan yang Mudah

×

Gejala Penyakit Anemia Beserta Penyebab dan Cara Pengobatan yang Mudah

--

Jika anemia tidak diobati, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius, seperti gagal jantung, gangguan pertumbuhan pada anak-anak, dan masalah kognitif pada orang dewasa.

Cara Pengobatan Anemia

Pengobatan anemia tergantung pada penyebab dan tingkat keparahannya. Berikut ini adalah beberapa cara pengobatan anemia yang relatif mudah:


1. Suplemen zat besi

Jika anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi, dokter dapat merekomendasikan suplemen zat besi. Suplemen ini biasanya tersedia dalam bentuk tablet atau kapsul. 

2. Makanan bergizi

Jika anemia disebabkan oleh kekurangan nutrisi seperti zat besi, vitamin B12, atau asam folat, perubahan pola makan yang seimbang dan kaya akan nutrisi dapat membantu meningkatkan kadar zat-zat tersebut dalam tubuh. 

Baca juga: Gejala Penyakit Frozen Shoulder : Sebuah Penyakit yang Menyerang Tulang Sendi di Bahu Akibat Diabetes, Perhatikan Gejala Awalnya!

Baca juga: Kode ICD 10 Pada Penyakit TBC (Tuberkulosis Paru) Terlengkap, Beserta Penyebab Umumnya!

Baca juga: Mengenal Kode ICD 10 Pada Penyakit Hipertiroid, Beserta Bahaya yang Menyertainya!

3. Transfusi darah

Dalam kasus anemia yang parah, terutama jika terjadi kekurangan oksigen yang signifikan, transfusi darah mungkin diperlukan. Pada prosedur ini, darah yang sehat dan kaya akan sel darah merah akan diberikan melalui infus ke dalam pembuluh darah.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan rekomendasi pengobatan yang sesuai dengan penyebab dan tingkat keparahan anemia. Dokter akan merencanakan pengobatan yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait penyakit anemia beserta penyebab dan gejala yang umum terjadi atau biasa menyerang dan cara pengobatannya. Semoga artikel yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU