Thursday 16th of May 2024

Mengenal Kode ICD 10 Pada Penyakit Hipertiroid, Beserta Bahaya yang Menyertainya!

×

Mengenal Kode ICD 10 Pada Penyakit Hipertiroid, Beserta Bahaya yang Menyertainya!

--

Hormon tiroid yang utama adalah triiodotironin (T3) dan tiroksin (T4), yang bertanggung jawab untuk mengatur berbagai proses tubuh, termasuk suhu tubuh, detak jantung, produksi energi, dan pertumbuhan sel.

Pada penyakit Hipertiroid, juga memiliki kode ICD 10 yang biasa digunakan, yaitu memiliki kode ICD 10 E05.9 pada penyakit ini.

Bahaya Penyakit Hipertiroid


Hipertiroidisme dapat menyebabkan sejumlah bahaya dan komplikasi jika tidak diobati atau tidak dikendalikan dengan baik. Beberapa bahaya yang mungkin menyertai penyakit hipertiroid adalah:

  1. Dapat menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam denyut jantung, tekanan darah tinggi, demam, kelemahan otot yang parah, kebingungan, dan bahkan kegagalan organ. 

  2. Gangguan Jantung, sehingga dapat mempengaruhi fungsi jantung, termasuk meningkatkan denyut jantung dan memperburuk kondisi yang sudah ada seperti penyakit jantung koroner, aritmia, atau gagal jantung. 

  3. Osteoporosis yang tidak diobati dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang dan osteoporosis. 

  4. Gangguan Mata (Graves' Ophthalmopathy). Gejalanya termasuk pembengkakan, peradangan, dan peningkatan tekanan di dalam mata, yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan.

Baca juga: Kode ICD 10 Faringitis atau Penyakit Radang Tenggorokan Berikut Penyebab dan Gejalanya

Baca juga: Penyakit Asam Lambung (GERD): Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi

Baca juga: Kode ICD 10 Pada Penyakit TBC (Tuberkulosis Paru) Terlengkap, Beserta Penyebab Umumnya!

Penting untuk segera mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat dari profesional medis untuk mencegah komplikasi dan mengurangi risiko bahaya yang mungkin terjadi. 

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait kode ICD 10 pada penyakit Hipertiroid beserta penyebab terjadinya penyakit tersebut yang umum terjadi. Semoga artikel yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat. 

Sumber:

UPDATE TERBARU