Monday 29th of April 2024

Penyakit Asam Lambung (GERD): Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi

×

Penyakit Asam Lambung (GERD): Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi

--

ASCOMAXX.com - Bahkan di era perkembangan zaman saat ini, berbagai jenis penyakit yang menyerangpun tak bisa dielakkan. Hal ini tentu begitu berpengaruh terhadap gaya hidup masa kini. Salah satu penyakit yang terlihat sepele namun bisa mengancam nyawa adalah GERD.

Penyakit merupakan sebuah kondisi atau gangguan yang mengganggu fungsi normal tubuh dan dapat menyebabkan gejala, keluhan, atau gangguan pada kesehatan seseorang. Penyakit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi oleh bakteri, virus, lingkungan atau kombinasi dari beberapa faktor tersebut.


Gejala penyakit tentu dapat bervariasi tergantung pada jenis dan tingkat keparahannya. Beberapa gejala umum penyakit meliputi nyeri, demam, kelelahan, mual, muntah, diare, ruam kulit, batuk, sesak napas, penurunan berat badan yang tidak diinginkan, perubahan suasana hati, hingga gangguan fungsi organ.

Baca juga: Kode ICD 10 Pada Penyakit TBC (Tuberkulosis Paru) Terlengkap, Beserta Penyebab Umumnya!

Baca juga: Mengenal Kode ICD 10 Pada Penyakit Batu Ginjal atau Nefrolitiasis, Berikut Gejala yang Menyertai!

Baca juga: Apa Arti Kode ICD 10 GEA? Sebuah Cara Untuk Mendiagnosis Penyakit, Begini Faktanya

Mengenal Penyakit Asam Lambung (GERD)

Penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) merupakan sebuah kondisi kronis di mana asam lambung naik ke kerongkongan, yang menyebabkan gejala atau rasa tidak nyaman.

Normalnya, katup antara kerongkongan dan lambung, yang disebut sfingter esofagus bagian bawah (LES), mencegah naiknya asam lambung ke atas. Namun, pada individu dengan GERD, LES tidak berfungsi dengan baik, sehingga asam lambung dapat masuk kembali ke kerongkongan.

Penyebab Asam Lambung (GERD)

Salah satu penyebab umum dari gangguan asam lambung adalah hernia hiatus. Kondisi ini terjadi ketika bagian atas perut dan sfingter bergerak di atas diafragma, yaitu otot yang memisahkan perut dari dada.

Sumber:

UPDATE TERBARU