Thursday 25th of April 2024

Bedah Kode ICD 10 Konstipasi, Begini Artinya: Petugas Medis Wajib Hapal Untuk Diagnosis Pasien

×

Bedah Kode ICD 10 Konstipasi, Begini Artinya: Petugas Medis Wajib Hapal Untuk Diagnosis Pasien

--

Arti Kode ICD 10 Konstipasi

Banyaknya kondisi kesehatan maupun penyakit yang menyerang tubuh. Semuanya akan memiliki kode ICD 10 yang berbeda satu sama lain. Kode ICD 10 ini juga banyak orang Indonesia menyebutnya dengan kode BPJS.

Sebagai informasi, dengan kode ICD atau kode BPJS ini nantinya setiap penyakit akan ada kodenya sendiri-sendiri. Bahkan satu jenis penyakit sama juga bisa saja kodenya berbeda.

Kode Diagnosis ICD-10-CM 2023 


Kode ICD nya sendiri yaitu K59.0. Kode ini jelas akan berbeda dengan kode-kode ICD 10 dari kondisi kesehatan yang menyerang tubuh lainnya.

K59.0 tidak boleh digunakan untuk tujuan penggantian karena ada beberapa kode di bawahnya yang berisi tingkat perincian yang lebih besar .
ICD-10-CM K59.0 edisi 2023 mulai berlaku pada 1 Oktober 2022.

Ini adalah versi ICD-10-CM Amerika dari K59.0 - versi internasional lain dari ICD-10 K59.0 mungkin berbeda:

Jenis 1 Kecualikan

  • impaksi tinja ( K56.41)
  • buang air besar tidak tuntas ( R15.0)
  • K00-K95 Penyakit pada sistem pencernaan
  • K59 Gangguan usus fungsional lainnya

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Ibu dan Janin di Usia Kehamilan 37 Minggu, Akan Banyak Kontraksi Palsu

Baca juga: Klinik Mata Nusantara, Layanan Kesehatan Mata Terbaik: Cek Lokasi dan Dokter Praktiknya

Baca juga: Rekomendasi Klinik Kesehatan Terdekat dari Lokasi Saya Kabupaten Bekasi : No Telp dan Alamat Lengkap

Apa Itu Konstipasi

Konstipasi adalah kondisi di mana feses menjadi keras, kering, dan sulit dikeluarkan, serta jarang buang air besar. Gejala lain mungkin termasuk buang air besar yang menyakitkan, dan merasa kembung, tidak nyaman, dan lamban. Gangguan yang ditandai dengan tidak teratur dan jarang atau sulitnya evakuasi usus.

Sembelit berarti seseorang buang air besar tiga kali atau lebih sedikit dalam seminggu. Kotorannya bisa keras dan kering. Terkadang menyakitkan untuk dilewati. Pada suatu waktu, hampir semua orang mengalami sembelit. Dalam kebanyakan kasus, itu berlangsung dalam waktu singkat dan tidak serius.

Gejala-gejala ini terkait dengan berbagai penyebab, termasuk asupan serat yang rendah, gangguan emosi atau saraf, gangguan sistemik dan struktural, kejengkelan akibat obat, dan infeksi.

Di mana konstipasi sendiri juga dikenal dengan sebutan sembelit yang dapat diartikan kondisi sulit buang air besar. Meskipun frekuensi buang air besar setiap orang bisa berbeda-beda. Tetapi seseorang bisa dinyatakan mengalami konstipasi atau sembelit kurang dari 3 kali dalam seminggu.

Sumber:

UPDATE TERBARU