Friday 19th of April 2024

Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 37 Minggu atau 9 Bulan Berapa Berat dan Ukuran Normalnya?

×

Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 37 Minggu atau 9 Bulan Berapa Berat dan Ukuran Normalnya?

--

Yang Dirasakan Ibu di Usia Kehamilan 37 Minggu

Pada usia kehamilan ini kamu akan mengeluarkan bercak darah dari vagina. Keluarnya bercak saat hamil tua tergolong normal karena rahim akan berubah jadi sensitif menjelang akan bersalin. 

Ukuran rahim yang membesar bisa membuat kulit  meregang sampai memunculkan guratan merah yang dikenal sebagai stretch mark. Untuk mencegah stretch mark muncul, oleskan krim anti stretch mark atau pelembap pada kulit.


Posisi kepala janin sudah jatuh ke panggul, maka ini tandanya proses persalinan sudah dekat. Seiring dengan perkembangan janin yang semakin besar, rahim akan terus menekan organ lain di dalam perut ibu hamil. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ibu hamil supaya bisa cepat tidur di malam hari. Misalnya, ibu hamil harus banyak bergerak di siang hari dengan melakukan olahraga ringan atau berjalan-jalan santai agar tubuh merasa lelah sewaktu malam.

Baca juga: Cara Agar Tidak Hamil di Luar Nikah, Orang Tua Wajib Tau! Diskusikan Sedari Sekarang

Baca juga: Doa Agar Tidak Hamil di Luar Nikah, Memohon Agar Terhindar dari Lembah Kemaksiatan!

Baca juga: Arti Mimpi Hamil dalam Primbon Jawa, Bakal Jadi Pertanda Baik dan Penuh Keberuntung Bagi Sang Pemimpi

Cara Menjaga Kesehatan dan Janin di Usia Kehamilan 37 Minggu

1. Perbanyak Minum Cairan

Selain mencegah dehidrasi, langkah ini juga berguna untuk menjaga kondisi janin dalam kandungan tetap sehat. Kamubisa minum banyak air putih saat di pagi dan siang hari, dan kurangi konsumsinya ketika di malam hari.

2. Lakukan Pijat Perineum

Ini bertujuan untuk membantu melenturkan otot-otot perineum, yakni area antara vagina dan rektum, agar tidak kaku dan elastis sehingga membantu proses keluarnya bayi. Pijat perineum juga bisa menurunkan risiko area tersebut robek atau perlu digunting (episiotomi) selama proses persalinan.

3. Olahraga dengan Gym Ball

Untuk memperkuat otot-otot inti selama kehamilan, Kamu bisa melakukan olahraga menggunakan gym ball. Aktivitas ini juga dapat membuat tubuh merasa lebih rileks dan siap menghadapi persalinan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait perkembangan janin di usia kehamilan 37 minggu atau 9 bulan. Sekian informasi dari kami, semoga bisa bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU