Friday 17th of May 2024

Pondok Pesantren Tebuireng Jombang: Profil Sejarah, Lokasi, dan Sistem Pendidikan

×

Pondok Pesantren Tebuireng Jombang: Profil Sejarah, Lokasi, dan Sistem Pendidikan

--

Pada suatu hari kerbau tersebut menghilang dan ditemukan telah terperosok di rawa-rawa dalam keadaan memprihatinkan dengan lintah yang memenuhi tubuhnya. Kulit kerbau yang tadinya berwarna kuning tersebut berubah menjadi hitam. Seketika itu juga sang pemilik berteriak “Kebo ireng! Kebo ireng!”. Sejak saat itu dusun tempat ditemukannya kerbau tersebut dikenal dengan nama Kebo ireng.

Baca juga: Download Kumpulan Soal dan Jawaban Sejarah Peminatan Kelas 10 Terbaru 2023


Baca juga: Pondok Pesantren Dalwa: Pendiri, Sejarah, Lokasi, Visi dan Misi, Serta Keunggulan

Baca juga: 7 Ide Materi Mading Sekolah Tentang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Mulai Puisi Hingga Sejarah!

Namun, terdapat versi lainnya yang menuturkan bahwa nama Tebu Ireng diambil dari nama punggawa kerajaan Majapahit yang masuk Islam dan kemudian tinggal di sekitar dusun tersebut.

Seiring berkembangnya zaman, kondisi di sekitar perkampungan semakin ramai. Salah satu buktinya adalah berdirinya pabrik gula di dusun tersebut yang mendorong masyarakat untuk menanam tebu yang berwarna hitam untuk bahan baku pembuatan gula. Hal tersebut yang konon juga menjadi latar belakang penamaan dusun Tebu Ireng.

Jenjang Pendidikan Pondok Pesantren Tebuireng

Di pondok pesantren ini, para santri diajarkan berbagai hal, seperti mengaji kitab kuning, tilawatil Al quran, serta yang terpenting adalah para santri dilatih supaya memiliki moral yang baik.

Berikut ini adalah jenjang pendidikan yang dimiliki oleh ponpes Tebuireng:

Daftar di Halaman Selanjutnya>>

Sumber:

UPDATE TERBARU