Sunday 5th of May 2024

Apa Aliran Pondok Pesantren Lirboyo Kediri? Berikut Penjelasannya!

×

Apa Aliran Pondok Pesantren Lirboyo Kediri? Berikut Penjelasannya!

--

ASCOMAXX.com – Ingin mengetahui aliran Pondok Pesantren Lirboyo? Nah, artikel berikut ini adalah informasi mengenai aliran Pondok Pesantren Lirboyo Kediri yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Pondok Pesantren Lirboyo didirikan pada tahun 1910 M oleh K.H. Abdul Karim yang saat ini berada di bawah pimpinan salah satu cucunya, K.H. M. Anwar Manshur.


Baca juga: Biaya Pendidikan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri Tahun Ajaran 2023/2024, Dilengkapi dengan Informasi Kontak

Baca juga: Profil Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Salah Satu Pesantren Populer di Jawa Timur

Baca juga: Suasana Kamar di Pondok Pesantren Gontor, Fasilitas Lengkap dan Nyaman! Membuat Santri Semakin Betah

Pondok pesantren ini berafiliasi kuat kepada ormas Nahdlatul Ulama dengan tetap berdiri sebagai pesantren salaf, yaitu pesantren yang menekankan pada kemampuan membaca dan mengkaji kitab-kitab salaf (kitab kuning) sebagai sarana pembelajaran sehari-hari.

Pondok Pesantren Lirboyo menjadi salah satu pesantren terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu pusat studi Islam sejak puluhan tahun sebelum kemerdekaan Indonesia. Bahkan santri-santri Pondok Pesantren Lirboyo ikut berjuang di medan perang, salah satunya peristiwa 10 November 1945 di Surabaya.

Lokasi Pondok Pesantren Lirboyo

Lirboyo sendiri merupakan nama sebuah desa yang digunakan oleh KH. Abdul Karim sebagai nama pondok pesantren dan terletak di barat Sungai Brantas, di lembah gunung Willis, Kota Kediri. Pondok Pesantren Lirboyo berlokasi di Desa Lirboyo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

Sumber:

UPDATE TERBARU