Saturday 25th of May 2024

Profil Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Salah Satu Pesantren Populer di Jawa Timur

×

Profil Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Salah Satu Pesantren Populer di Jawa Timur

--

Pondok Pesantren Lirboyo menjadi salah satu pesantren terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu pusat studi Islam sejak puluhan tahun sebelum kemerdekaan Indonesia. Bahkan santri-santri Pondok Pesantren Lirboyo ikut berjuang di medan perang, salah satunya peristiwa 10 November 1945 di Surabaya.

Baca juga: Nonton Anime Yamada-kun to Lv999 no Koi wo Suru Episode 8 Sub Indo, Yamada Bikin Geger Satu Sekolah Karena Jalan Bareng Akane


Baca juga: 10 Contoh Hiasan Karton Untuk Tugas Sekolah yang Mudah Dibuat dan Aesthetic

Baca juga: 7 Ide Materi Mading Sekolah Tentang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Mulai Puisi Hingga Sejarah!

Lokasi Pondok Pesantren Lirboyo

Lirboyo sendiri merupakan nama sebuah desa yang digunakan oleh KH. Abdul Karim sebagai nama pondok pesantren dan terletak di barat Sungai Brantas, di lembah gunung Willis, Kota Kediri. Pondok Pesantren Lirboyo berlokasi di Desa Lirboyo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

Sejarah Pondok Pesantren Lirboyo

Diketahui jika KH. Abdul Karim merupakan pencetus nama Pondok Pesantren Lirboyo. Ia lahir pada tahun 1856 M di desa Diyangan, Kawedanan, Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah. Abdul Karim adalah putra dari pasangan Kiai Abdur Rahim dan Nyai Salamah.

Abdul Karim sudah mempelajari ilmu agama sejak usia 14 tahun. Kemudian, pada usia 40 tahun, Abdul Karim menikah dengan Siti Khodijah binti KH. Sholeh atau Nyai Dlomroh.

Selanjutnya, pada tahun 1910 M, KH. Abdul karim hijrah bersama istri tercinta hijrah ke tempat sebuah desa yang bernama Lirboyo. Kemudian, Abdul Karim memakai nama Lirboyo untuk pondok pesantren. KH. Abdul Karim meninggal dunia pada tahun 1954. Dia dimakamkan di belakang masjid Lirboyo.

Sumber:

UPDATE TERBARU