Friday 3rd of May 2024

Komponen Aktif Elektronika: Jenis, Penjelasan dan Contoh Lengkapnya

×

Komponen Aktif Elektronika: Jenis, Penjelasan dan Contoh Lengkapnya

--

3. Op-Amp (Operational Amplifier)

Op-Amp adalah sebuah penguat elektronik yang digunakan untuk memperkuat sinyal listrik atau menghasilkan sinyal output yang proporsional terhadap perbedaan tegangan inputnya. Op-Amp sangat umum digunakan dalam aplikasi penguatan sinyal, pemrosesan sinyal, dan pengaturan rangkaian.


4. Dioda

Dioda merupakan komponen aktif yang berfungsi untuk penyearah dari arus bolak-balik menjadi arus searah. Dioda berasal dari gabungan anoda dan katoda. Dioda penyearah untuk menyearahkan arus AC ke DC. Dioda zener untuk pengaman susunan arus yang bersangkutan.

5. Triac

Triac adalah jenis komponen semikonduktor yang digunakan untuk mengontrol arus listrik AC (arus bolak-balik). Triac digunakan dalam pengaturan kecepatan motor, kontrol penerangan, dan pengatur daya pada peralatan listrik.

Baca juga: 15 Contoh Soal IPA Kelas 6 SD/MI Semester 2 Tahun 2023 Pilihan Ganda dan Essay Lengkap Dengan Kunci Jawabannya

Baca juga: Contoh RPP SD/MI Kelas 3 Kurikulum 2013 Terbaru, Tersedia Lengkap Tujuan dan Pencapaian

Baca juga: Unduh RPP Kelas 3 SD/MI Untuk Semester 1 & 2 Terbaru, Lengkap Semua Tema!

6. Sensor

Sensor adalah komponen aktif yang dapat mendeteksi dan merespons perubahan dalam lingkungan fisik atau kondisi tertentu. Contoh sensor termasuk sensor suhu, sensor cahaya, sensor gerak, dan sensor tekanan.

7. Microcontroller

Microcontroller adalah sebuah rangkaian terpadu yang menggabungkan komponen elektronik seperti prosesor, memori, dan I/O (input/output) dalam satu chip. Microcontroller digunakan dalam berbagai aplikasi elektronik yang membutuhkan pengendalian atau pemrosesan data.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait pengertian, contoh dan jenis dari komponeen aktif elektronika. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan berguna untuk belajar kalian.

Sumber:

UPDATE TERBARU