Friday 3rd of May 2024

Kumpulan Contoh Sisindiran Sesebred, Lelucon Bahasa Sunda Yang Menggelitik dan Menghibur

×

Kumpulan Contoh Sisindiran Sesebred, Lelucon Bahasa Sunda Yang Menggelitik dan Menghibur

--

ASCOMAXX.com - Bahasa Sunda adalah salah satu bahasa daerah yang cukup populer di Indonesia. Selain karena berasal dari salah satu suku yang cukup besar di Indonesia, Bahasa Sunda memang menarik untuk dipelajari, baik itu dari segi logat dan juga cara pengucapannya. Bahasa Sunda juga nyaris mirip seperti Bahasa Jawa. Yakni memiliki kosakata yang sangat banyak. Di dalam satu kata saja, ada beberapa macam arti.

Pengertian dari Rarakitan adalah salah satu jenis sisindiran atau pantun Sunda yang ujung suku katanya murwakanti laraswekas. Umumnya dibangun oleh 4 padalisan (baris), masing-masing baris terdiri atas 8 engang (suku kata). Ciri rarakitan adalah adanya pengulangan kata pada baris cangkang dan isi. Jenis rarakitan ada 3, yaitu silih asih, sesebred, dan piwuruk..


Baca juga: Teu Nyaho Artinya? Bahasa Sunda yang Banyak Digunakan Jika Tidak Tahu

Baca juga: Cara Menanyakan Kabar Bahasa Sunda Dan Jawabannya, Lengkap Dengan Contoh Kalimatnya

Baca juga: Bahasa Sunda Kamu Lagi Apa Adalah? Yang Mau PDKT Sama Orang Sunda Wajib Tau Nih

Sesebred asal usulnya dari kata sébréd, dalam bahasa Indonesia artinya sebret atau ciprat. Sesebred sudah termasuk kecap (kata) rajekan yakni rajekan dwipurwa. Rajekan dwipurwa yaitu kata ulang yang diulang suku kata awalnya (sesebred, sasapu, beberes, tutunjuk, lulumpatan, dsb).

Sesebred secara denotatif artinya sebret sana sini. Dan dalam konteks sisindiran, rarakitan sesebred artinya sisindiran jenis rarakitan yang berisi guyonan (banyolan), lelucon (lulucon), atau kritik (nyawad). Jadi intinya, rarakitan sesebred itu isinya berisi mengenai hal hal lucu, humor atau kritik.

Sumber:

UPDATE TERBARU