Sunday 5th of May 2024

Pengertian Kecap Panganteur Atau Kata Pengantar Dalam Bahasa Sunda : Contoh Kalimat, Fungsi, dan Penggunaannya

×

Pengertian Kecap Panganteur Atau Kata Pengantar Dalam Bahasa Sunda : Contoh Kalimat, Fungsi, dan Penggunaannya

--

ASCOMAXX.com - Kecap panganteur adalah salah satu kearifan lokal di Indonesia yang dimiliki oleh suku Sunda, merupakan suatu unsur basa atau bahasa sebagai ciri, identitas, dan karakter dari masarakat Sunda. Menurut beberapa definisi disimpulkan, bahwa kecap panganteur merupakan bagian dari unsur kecap panambah atau kata tambahan yang di gunakan untuk memantapkan kata atau kecap agar lebih jelas.

Kecap panganteur terbagi menjadi dua biasanya mengandung arti kata pekerjaan dan arti kata keadaan.Laporan ini berisi informasi mengenai kearifan lokal masyarakat sunda dalam bentuk bahasa, yaitu kecap panganteur. Sebagai suatu upaya bentuk pelestarian salah satu keraifan lokal di Indonesia yang masih dibutuhkan oleh para peminantnya.


Baca juga: Kumpulan Pribahasa Pepeling Sunda Keur Kahirupan Beserta Artinya, Pas Diterapkan Untuk Kehidupan Sehari Hari

Baca juga: Contoh Penggunaan Kata Bageur dalam Bahasa Sunda, Cocok Untuk Pemula yang Baru Belajar

Baca juga: Jenis Purwakanti Dalam Bahasa Sunda, Ada 10 yang Perlu Diketahui!

Bahasa Sunda adalah salah satu bahasa daerah yang cukup populer di Indonesia. Selain karena berasal dari salah satu suku yang cukup besar di Indonesia, Bahasa Sunda memang menarik untuk dipelajari, baik itu dari segi logat dan juga cara pengucapannya. 

Bahasa Sunda juga nyaris mirip seperti Bahasa Jawa. Yakni memiliki kosakata yang sangat banyak. Di dalam satu kata saja, ada beberapa macam arti. Kecap panganteur atau kecap anteuran pada umumnya digunakan ketika akan menyatakan suatu bunyi, perasaan, atau untuk memerintahkan dalam melakukan sesuatu, penggunaan dalam kecap anteuran ini dimaksudkan untuk menyatakan seuatu agar lebih hidup atau lebih bersemangat.

Sumber:

UPDATE TERBARU