Wednesday 15th of May 2024

Pepeling Sunda Adalah : Pengertian, Penggunaan, Contoh Kalimat Yang Wajib Kamu Ketahui

×

Pepeling Sunda Adalah : Pengertian, Penggunaan, Contoh Kalimat Yang Wajib Kamu Ketahui

--

ASCOMAXX.com - Bahasa Sunda adalah salah satu bahasa daerah yang cukup populer di Indonesia. Selain karena berasal dari salah satu suku yang cukup besar di Indonesia, Bahasa Sunda memang menarik untuk dipelajari, baik itu dari segi logat dan juga cara pengucapannya. Bahasa Sunda juga nyaris mirip seperti Bahasa Jawa. Yakni memiliki kosakata yang sangat banyak. Di dalam satu kata saja, ada beberapa macam arti.

Pepeling sunda pengertiannya adalah arti yang sama dengan pepatah atau nasihat. Ini biasanya disampaikan melalui cerita, sisindiran, atau peribahasa. Inti pepeling sunda adalah pesan tersirat orang tua sebagai pengingat anak cucunya untuk berbuat benar dan tak berbuat salah.


Baca juga: Contoh Kalimat Hudang dalam Kehidupan Sehari-hari, Belajar Bahasa Sunda Lebih Mudah!

Baca juga: Arti Kata Teuing Bahasa Sunda: Penjelasan Makna, Contoh, dan Penggunaan Kalimat

Baca juga: 10 Soal PTS Bahasa Sunda Kelas 11 Semester 2 T.A 2023/2024 Kurikulum Merdeka Pilihan Ganda Beserta Kunci Jawabannya

Peling juga bisa berasal dari kata eling. Eling artinya sadar atau mengingatkan. Sedangkan mieling artinya mengenang atau memperingati, seperti dalam kalimat "mieling poe kamerdekaan Indonesia".  Tujuannya  dari kalimat Pepeling Sunda adalah tak lain agar kehidupan berjalan seimbang, selamat dunia dan akhirat. Dapat diiartikan juga sebagai hikmah atau pepatah tentang mengarungi kehidupan, yang menggunakan bahasa Sunda.

Dengan dialek dan intonasi yang khas, bahasa Sunda mempunyai daya tarik tersendiri. Bahkan, tak sedikit orang dari daerah lain yang penasaran dan mencoba ikut mempelajari bahasa Sunda.

Sumber:

UPDATE TERBARU