Thursday 25th of April 2024

Manfaat dan Khasiat Kayu Stigi, Diklaim Sebagai Tanaman Bertuah yang Tumbuh di Pesisir, Cek Keasliannya Disini!

×

Manfaat dan Khasiat Kayu Stigi, Diklaim Sebagai Tanaman Bertuah yang Tumbuh di Pesisir, Cek Keasliannya Disini!

--

Kayu ini masuk ke komoditi yang paling dilindungi pemerintah karena saat ini sudah langka. Untuk memperolehnya tidak bisa asal tebang seperti pohon pada umumnya, namun harus memiliki surat khusus dan tujuan jelas.

Pohon stigi merupakan salah satu tanaman perdu yang banyak ditemukan di daerah pesisir, baik yang berkarang maupun yang banyak pasir. Jenis pohon tersebut juga mudah ditemukan di area sekitar hutan mangrove.


Pohon Stigi juga memiliki bunga, namun bunga dari pohon tersebut sangat jarang dan umumnya tumbuh di ketiak daun. Selain bunga, pohon Stigi juga memiliki buah yang berwarna kehijauan. Bijinya ada di dalam buah Stigi sangat banyak dan dapat dikonsumsi untuk menyembuhkan penyakit.

Jenis-Jenis Kayu Stigi

Ada dua jenis stigi yang perlu Anda ketahui, yakni stigi darat dan laut. Kedua jenis ini memiliki karakteristik dan manfaat yang berbeda-beda.

Stigi Darat

Stigi darat tumbuh di tanah yang padat, tandus, dan berkapur. Bisa tumbuh di pegunungan maupun rawa yang jauh dari pantai. Kayu stigi darat memiliki batang kayu lebih tua dan berwarna merah kecoklatan atau coklat tua.

Namun ada juga ditemukan kayu stigi darat berwarna hitam yang tertimbun tanah selama beberapa tahun atau beberapa ratus tahun yang disebut fosil stigi.

Baca juga: Sinopsis Manhwa The Espers Game, Kisah Manusia Super dan Penjinak Monster dari Underground

Baca juga: Sinopsis Webtoon Marry My Husband Full Episode, Kisah Suami Penghianat yang Susah Mendapatkan Karma

Baca juga: Link Nonton Drama Jepang Silent (2022) Full Episode 1-10 Sub Indo, Cinta yang Menerima Kekurangan

Stigi Laut

Berbeda dengan stigi darat, stigi laut tumbuh di pesisir pantai dengan tanah berpasir. Batang kayunya juga lebih lunak dan ringan. Warna kayu stigi laut cenderung lebih cerah, yaitu kuning atau coklat muda, dan jarang sekali ditemukan yang berwarna coklat tua.

Ada keanehan yang terdapat pada pohon ini yaitu setiap kayu dari pohon stigi laut, apabila disentuh dengan tangan, warna kayunya akan semakin tua dan menghitam.

Lanjut khasiat kayu stigi,

Sumber:

UPDATE TERBARU