Tuesday 14th of May 2024

Berakhirnya Dinasti Isyana di Jawa Timur Ditandai dengan?

×

Berakhirnya Dinasti Isyana di Jawa Timur Ditandai dengan?

--

ASCOMAXX.com – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai berakhirnya Dinasti Isyana di di Jawa Timur yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Sejarah kerajaan di Indonesia menarik untuk diikuti. Sudah banyak kerajaan yang berhasil berdiri kokoh di Nusantara pada masanya. Pada pembahasan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai Dinasti Isyana.


Baca juga: Link Baca Eleceed Chapter 226 Bahasa Indonesia, Subin Menjauhkan Diri Dari Teman-Temannya

Baca juga: Bendungan Bener Digadang-Gadang jadi Solusi Permasalahan Banjir di Purworejo

Baca juga: Daftar Kota Dingin di Jawa Timur, Miliki Keindahan Alam Ikonik dan Cantik

Sekilas Tentang Dinasti Isyana

Berdasarkan beberapa sumber, Dinasti Isyana adalah sebuah dinasti yang berkuasa sejak Mpu Sindok, raja Kerajaan Mataram Kuno atau Medang, memindahkan pusat kerajaan dari Jawa Tengah (lereng gunung Merapi) ke Jawa Timur (lembah sungai Brantas).

Dinasti tersebut kemudian dilanjutkan oleh keturunan Mpu Sindok, dimulai dari Ratu Isyana Tunggadewi. Dinasti Isyana sempat kehilangan kekuasaan pada Peristiwa Pralaya, ketika Raja Dharmawangsa tewas dalam serangan Raja Wurawari, salah satu raja bawahannya.

Serangan tersebut diduga dibantu oleh kerajaan Sriwijaya. Serangan ini menyebabkan kekacauan dan runtuhnya kerajaan-kerajaan Mataram Kuno.

Sumber:

UPDATE TERBARU