Thursday 16th of May 2024

Kumpulan Contoh Kultum Tentang Ibu atau Orang Tua dengan Dalilnya, Agar Lebih Berbakti Kepada Orang Tua

×

Kumpulan Contoh Kultum Tentang Ibu atau Orang Tua dengan Dalilnya, Agar Lebih Berbakti Kepada Orang Tua

--

Kumpulan Kultum Ramadhan Singkat 7 Menit tentang Ibu dan Orang Tua

Contoh Kultum 1

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Puji serta syukur kita ucapkan kepada Allah Swt. yang telah mencurahkan segala rahmat, berkah dan nikmat yang jumlahnya tak terhingga. Kesehatan dan karunia yang kita nikmati hari ini juga tak lain adalah berkah dari Allah SWT.

Shalawat dan salam kita haturkan juga kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw.. Semoga selalu terlimpahkan berkah yang serupa kepada keluarga dan para sahabatnya.

Sahabat muslim yang saya hormati, mengutip firman Allah yang tertera di dalam Al Quran surat Al-Isra, yaitu:

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka jangan sekali-kali mengatakan ‘Ah’ dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapankanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

Terdapat suruhan kepada setiap anak yang harus menghormati orang tuanya terutama ibunya dalam kehidupan ini, pada surat tersebut. Berkat orang tualah kita berada di dunia ini, karena ibulah yang menjaga dan merawat anaknya sampai anaknya dewasa. Allah Swt. memberikan amanat-Nya melalui ibu.

Seorang ibu mengandung, melahirkan, menyusui, dan membesarkan anaknya dengan bersusah-susah. Itulah sebabnya terdapat pepatah yang menegaskan bahwa kasih ibu sepanjang masa. Artinya kasih sayang dari seorang ibu memang tidak terhingga dan berkat jasanya tersebut, sebagai anak kita wajib berbuat baik kepada ibu sampai akhir hayatnya.

Selain berbuat baik, sahabat muslim juga harus senantiasa mendoakan mereka. Selagi mereka ada di dunia ini, maka bahagiakanlah mereka dan muliakan juga hidup mereka. Jaga ucapan kita terhadap ibu, jangan bernada tinggi atau bahkan kasar. Jangan juga menolak apa yang diperintahkannya dan jangan menggerutu.

Selama ibu mengajarkan hal yang baik, maka ikutilah. Seorang ibu sering didefinisikan sebagai seseorang yang galak dan cerewet, tetapi hal itu karena ia sangat menyayangi anaknya dan tak mau anaknya terluka.

Semoga kita menjadi salah satu orang yang berbakti kepada ibu, selalu berbuat baik dan membahagiakannya. Sekian kultum mengenai ibu yang saya sampaikan ini. Semoga apa yang kita bahas hari ini menjadi berkah bagi kita semua.

Wabilahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca juga: Download Buku PPKN SD/MI Kelas 4 Kurikulum Merdeka, Berisi Materi, Soal-soal, dan Pembahasan

Baca juga: Download Buku Bank Soal dan Pembahasa Fisika SMA/MA Kelas 10, 11, 12 Kurikulum Merdeka

Baca juga: Daftar Pemain Series Lockwood & Co. (2023), Adaptasi Seri Buku Petualangan dan Misteri Populer Karya Jonathan Stroud

Sumber:

UPDATE TERBARU