Sunday 19th of May 2024

Kumpulan Contoh Kultum Ramadhan Singkat 5 Menit, dengan Berbagai Tema Bulan Puasa

×

Kumpulan Contoh Kultum Ramadhan Singkat 5 Menit, dengan Berbagai Tema Bulan Puasa

--

Tidak lupa, selawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad saw., kepada keluarga, sahabat, hingga sampai kepada kita selaku umatnya. Melalui kesempatan ini, izinkan saya untuk menyampaikan sebuah kultum yang singkat mengenai tujuan Bulan Ramadan.

Sebelumnya, mari kembali kita bersyukur, sebab kita masih diberi kesempatan umur oleh Allah untuk menikmati bulan yang penuh kenikmatan ini.


Mengenai anjuran berpuasa di Bulan Ramadan, sesungguhnya sudah Allah firmankan lewat ayat Al-Qur’an yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

Dari penggalan ayat di atas jelas, jika puasa diwajibkan bagi setiap orang yang beriman. Lewat ayat tersebut juga disebut, bila puasa dimaksudkan agar kita menjadi orang yang bertakwa.

Maka dari itu, sebelum ketakwaan diraih, bagi mereka yang berpuasa wajib untuk menahan segala nafsunya selama satu bulan penuh, di luar makan dan minum. Kelak di akhir, manusia yang berhasil dan benar-benar memaknai puasa dengan utuh, ia akan sampai pada derajat takwa.

Wassalamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh.

Baca juga: Bunyi Pasal 289 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana), tentang Tindak Pencabulan

Baca juga: Isi Pasal 289 KUHP Disertai Ancaman Sanksi dan Unsur Pidana yang Memberatkannya

Baca juga: Bunyi Pasal 281 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana) tentang Tindak Asusila

Sumber:

UPDATE TERBARU