Friday 3rd of May 2024

Ancaman Hukuman Pasal 363 KUHP tentang Pencurian, Hati-hati! Jangan Sampai Melanggar

×

Ancaman Hukuman Pasal 363 KUHP tentang Pencurian, Hati-hati! Jangan Sampai Melanggar

--

5. Asas nasionalitas Pasif. Artinya ketentuan hukum pidana Indonesia berlaku untuk semua kejahatan yang merugikan kepentingan nasional (Pasal 4 KUHP).

Nah, kali ini kami akan membahas mengenai Pasal 336 KUHP tentang penganiayaan. Sebelumnya apa yang disebut dengan penganiayaan?


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, penganiayaan diartikan sebagai perlakuan sewenang-wenang yang dilakukan seseorang kepada orang lain dalam bentuk penyiksaan, penindasan, dan sebagainya. Percobaan tindak penganiayaan dijatuhkan pidana. 

Bunyi Pasal 363 KUHP

Pada pasal 363 merupakan unsur-unsur yang memenuhi hukum pasal 362.

Pasal 362:

’’Barang  siapa  mengambil  barang  sesuatu  yang  seluruhnya  atau sebagian  milik  orang  lain,  dengan  maksud  untuk  dimiliki  secara melawan hukum diancam karena pencurian, dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana denda paling banyak sembilan ratus ribu rupiah”.

Pasal 363:

1. Pencurian ternak 

2. Pencurian pada waktu ada kebakaran, peletusan, banjir, gempa bumi atau gempa laut, peletusan gunung api, kapal karam, kapal terdampar, kecelakaan kereta api, huru-hara, pemberontakan, atau bahaya perang

3. Pencurian di waktu waktu malam dalam sebuah rumah atau pekarangan tertutup yang ada rumahnya, yang dilakukan oleh orang yang adanya disitu tidak diketahui atau tidak dikehendaki oleh yang berhak 

Baca juga: Perbedaan Kelas 1A dan 1B Kapal PELNI Adalah? Berikut Fakta Sebenarnya!

Baca juga: Arti Spontan Uhuy Adalah? Bahasa Gaul Viral TikTok, Ternyata Dicetuskan Komedian Komeng

Baca juga: Arti Kode 50 Bahasa Gaul Viral TikTok Adalah? Jangan Pakai Sembarangan Kalau Tak Ingin Dapat Resikonya!

Sumber:

UPDATE TERBARU