Monday 30th of January 2023

Sumber Sejarah Kerajaan Kediri Adalah? Berikut Pembahasan Lengkapnya

×

Sumber Sejarah Kerajaan Kediri Adalah? Berikut Pembahasan Lengkapnya

--

ASCOMAXX.com – Belajar mengenai kerajaan memang menyenangkan. Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai sumber sejarah Kerajaan Kediri yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Dilansir dari berbagai sumber, Kerajaan Kediri atau Kerajaan Panjalu merupakan sebuah kerajaan besar yang berdiri pada abad ke-12 antara tahun 1042-1222. Kerajaan ini adalah bagian dari Kerajaan Mataram Kuno. Kerajaan Kediri bercorak Hindu.


Baca juga: Manfaat Tersembunyi Terong Belanda Untuk Kesehatan Tubuh, Tinggi Kandungan Vitamin C Hingga Bisa Mencegah Kanker

Baca juga: Nonton Unforgotten Night (2022) Full Episode 1-12 Subtitle Indonesia, Bisa Langsung Nikmati Secara Maraton di Situs Ini!

Baca juga: Lord Rangga Meninggal Dunia, Berikut Profil dari Sang Mantan Petinggi Sunda Empire

Sejarah Kerajaan Kediri

Diketahui jika Kerajaan Kediri awalnya diperintah oleh Raja Airlangga untuk membagi kerajaan menjadi dua bagian pada tahun 1041 Masehi. Pembagian kerajaan dimaksudkan untuk menghindari pertikaian.

Wilayah kerajaan Raja Airlangga dikenal sebagai Kahuripan. Pembagian kerajaan tersebut dilakukan Brahmana sakti bernama Empu Bharada. Kedua kerajaan tersebut dikenal sebagai Kerajaan Jenggala (Kahuripan) dan Panjalu (Kediri).

Kerajaan ini dibatasi oleh Gunung Kawi dan Sungai Brantas, seperti dikisahkan dalam prasasti Mahaksubya (1289 M), kitab Negarakertagama (1365 M), dan kitab Calon Arang (1540 M).

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU