Monday 20th of May 2024

Jokowi Resmikan Bendungan Semantok Nganjuk, Siap Mengairi 1.900 Hektare Sawah Para Petani

×

Jokowi Resmikan Bendungan Semantok Nganjuk, Siap Mengairi 1.900 Hektare Sawah Para Petani

--

ASCOMAXX.com – Terbaru, Presiden Joko Widodo telah meresmikan Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur pada Selasa, 20 Desember 2022. Pembangunan bendungan tersebut diketahui menelan biaya hingga Rp 2,5 triliun yang mana dimulai pada tahun 2017 lalu.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, pada siang hari ini Bendungan Semantok Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur saya nyatakan dibuka secara resmi," ucap Jokowi.


Baca juga: Cara Daftar Bansos 2023 dengan e-KTP dan Persyaratannya, Mudah dan Praktis

Baca juga: Sinopsis Film Tuhan Minta Duit (2022) Kisahkan Usaha Bocah Cilik Mencari Uang Untuk Biaya Pengobatan Sang Nenek

Baca juga: Pasal 1321 KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata), Penyalahgunaan Keadaan (Misbruik van Omstandigheden)

Tidak hanya sampai disitu saja, Jokowi juga mengungkapkan, kapasitas tampung Bendungan Semantok sangat besar, yakni 30,26 juta meter kubik. Bendungan tersebut diketahui memiliki luas genangan air 365 hektare dan mampu mengairi 1.900 hektare sawah.

"Inilah yang kita harapkan nantinya dengan bendungan ini mestinya yang di bawah yang nantinya terairi, kalau biasanya panen sekali, bisa panen dua kali kalau biasanya panen dua kali, bisa panen tiga kali," sambung Jokowi.

"Biasanya enggak bisa ditanami padi misalnya bisa panen dua kali atau tiga kali," jelasnya lagi.

Sang Kepala Negara pun berharap, Bendungan Semantok ini bisa bermanfaat bagi petani di Kabupaten Nganjuk dan di Jawa Timur. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengungkapkan, Bendungan Semantok adalah bendungan ke-30 yang diresmikan pemerintah.

Sumber:

UPDATE TERBARU