Monday 20th of May 2024

Penerapan Hukum Newton 1 di Kehidupan Sehari-hari, Tenyata Ini Dia Contohnya!

×

Penerapan Hukum Newton 1 di Kehidupan Sehari-hari, Tenyata Ini Dia Contohnya!

--


Dapat disimpulkan bahwa dalam Hukum Newton 1 percepatan benda berbanding lurus dengan gaya yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massa atau berat benda itu sendiri.

Baca juga: Sinopsis Drama Malaysia Atan & Atun (TV Okey), Dibintangi Oleh Syazwan Razak, Zeera Aziz, Farah Dhiya, dan Natasha Mahyan

Baca juga: Link Nonton Drama Thailand 10 Years Ticket (2022) Episode 3 Sub Indo Gratis, Phukhao Kembali Bully Kongkwan dengan Kejam


Baca juga: Spoiler Drama Korea Unlock My Boss (2022) Episode 5, Bagus! Park In Sung Temukan Bukti Baru di TKP

Sifat benda pada Hukum Newton 1 cenderung mempertahankan keadaannya semula dengan sifat kelembaman atau kadar inersia yang sama. Sehingga Hukum Newton 1 disebut juga dengan istilah Hukum Kelembaman. Bentuk dari momen inersia pada Hukum Newton 1 terjadi beragam, misalnya momen inersia linear, momen inersia massa, dan momen inersia polar atau kutub.

Bunyi Hukum Newton 1

Berikut ini adalah bunyi dari hukum Newton 1:

"Jika resultan gaya pada suatu benda sama dengan nol, maka benda yang mula-mula diam akan terus diam. Sedangkan, benda yang mula-mula bergerak, akan terus bergerak dengan kecepatan tetap".

Contoh Penerapan Hukum Newton 1

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah rumus dari hukum Newton 1:

1. Ketika Gkamu naik mobil yang bergerak cepat lalu tiba-tiba direm, maka penumpang di kursi mobil akan otomatis terdorong ke depan. Sebaliknya, saat mobil berjalan pelan lalu tiba-tiba digas mendadak maka penumpang di kursi mobil dalamnya akan terdorong ke arah belakang.

2. Ketika meletakan sebuah koin di atas kain, kemudian kain ditarik dengan cepat, maka koin tersebut akan tetap berada di tempat asalnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU