Wednesday 15th of May 2024

Belajar Materi dan Rumus Momentum, Lengkap Contoh Soal dan Pembahasannya

×

Belajar Materi dan Rumus Momentum, Lengkap Contoh Soal dan Pembahasannya

--

ASCOMAXX.com - Salah satu rumus besaran yang perlu dipelajari dalam ilmu fisika adalah momentum, yang menghubungkan antara massa dan kecepatan gerak suatu benda. Untuk penjelasan lengkapnya, akan kami bahas berikut ini.

Dalam ilmu fisika, momentum merupakan ukuran kesukaran untuk mendiamkan benda suatu benda. Bisa juga diartikan bahwa, momentum adalah kecenderungan benda yang bergerak untuk melanjutkan gerakannya pada kecepatan yang konstan.


Baca juga: Bunyi Hukum Proust: Rumus, Pengertian, Serta Contoh Soal

Baca juga: Rumus Tekanan Zat Padat dan Pengertiannya, Beserta Contoh Soal Penerapan Langsung

Baca juga: Apa itu Aggregate Demand, Rumus Pengukuran Ekonomi Lengkap Dengan Faktor Yang Mempengaruhinya

Pada momentum, benda yang memiliki momentum paling besar akan menunjukkan bahwa benda tersebut sulit dihentikan dan akan mempunyai efek merusak jika menabrak pada suatu benda lain yang lebih kecil momentumnya.

Rumus Momentum

Momentum linier merupakan ukuran kecenderungan benda bergerak agar dapat melanjutkan gerakannya pada kelajuan konstan. Rumus momentum, yaitu dengan mengkalikan massa dan kecepatan.

Momentum dilambangkan dengan huruf P (tebal) yang merupakan momentum besaran vektor. Jadi untuk operasinya harus menggunakan aturan vektor.

  • Jika ada dua momentum yang searah, maka resultan momentumnya di peroleh dengan cara menjumlahkan kedua momentum tersebut.

Sumber:

UPDATE TERBARU