Thursday 16th of May 2024

29 Falsafah PSHT yang Bijak dan Menginspirasi Hidup Bagi Para Anggotanya di Seluruh Indonesia

×

29 Falsafah PSHT yang Bijak dan Menginspirasi Hidup Bagi Para Anggotanya di Seluruh Indonesia

--

22. “Aja Gumunan, Aja Getunan, Aja Kagetan, Aja Aleman”, artinya jangan mudah terheran-heran; jangan mudah menyesal; jangan mudah terkejut-kejut; jangan mudah kolokan atau manja.

23. “Sepi ing Pamrih Rame ing Gawe, Banter tan Mbancangi, Dhuwur tan Ngungkuli”, artinya bekerja keras dan bersemangat tanpa pamrih; cepat tanpa harus mendahului; tinggi tanpa harus melebihi.


24. “Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan”, artinya jangan gampang sakit hati manakala musibah menimpa diri; jangan sedih manakala kehilangan sesuatu.

25. “Ngluruk Tanpa Bala, Menang Tanpa Ngasorake, Sekti Tanpa Aji-Aji, Sugih Tanpa Bandha”, artinya berjuang tanpa perlu membawa massa; menang tanpa merendahkan atau mempermalukan; berwibawa tanpa mengandalkan kekuasaan, kekuatan; kekayaan atau keturunan; kaya tanpa didasari kebendaan.

26. “Urip Iku Urup”, artinya hidup itu hyala, Hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain disekitar kita, semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik, tapi sekecil apapun manfaat yang dapat kita berikan, jangan sampai kita menjadi orang yang meresahkan masyarakat.

27. Sak Apik-apike Wong Yen Aweh Pitulung Kanthi Cara Dedhemitan, yang berarti "Sebaik-baiknya orang adalah memberi pertolongan dengan tanpa ingin diketahui orang lain

28. “Aja Ketungkul Marang Kalungguhan, Kadonyan lan Kemareman”, artinya janganlah terobsesi atau terkungkung oleh keinginan untuk memperoleh kedudukan, kebendaan dan kepuasan duniawi.

29. “Ojo Waton Ngomong Ning Yen Ngomong Sing Gawe Waton”, artinya jangan hanya sekedar bicara, namun apabila bicara harus bisa dibuktikan.

Baca juga: Pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta: Profil, Visi, Misi, Lokasi, dan Sejarah

Baca juga: Biaya Pendidikan di Pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta Terbaru 2023, Lengkap dengan Info Beasiswa

Baca juga: Harga Menu Kopii Siippp Malang Terbaru 2023, Sajian Beragam Varian Minuman yang Nyegerin Harimu

Itulah 29 falsafah PSHT yang bisa kita petik sesuai dengan ajaran leluhur nenek moyang kita, terkhususnya di Jawa. Semoga menjadi inspirasi dalam menjalani hidup dan bermanfaat bagi kita semua.

Sumber:

UPDATE TERBARU