Friday 3rd of May 2024

Panduan Persiapan SNBT (UTBK) 2023 Lengkap Dengan Aturan Terbarunya

×

Panduan Persiapan SNBT (UTBK) 2023 Lengkap Dengan Aturan Terbarunya

--

Panduan Persiapan UTBK 2023

UTBK-SBMPTN sudah berganti nama menjadi SNBT, atau Seleksi Nasional Berbasis Tes. Dalam istilah terbarunya, ada perbedaan besar antara UTBK-SBMPTN 2022 dengan SNBT 202 dan salah satunya adalah dihapuskannya mata ujian Tes Kemampuan Akademik (TKA). Dengan dihapuskannya TKA, peserta ujian cukup mengerjakan Tes Skolastik saja. Tes Skolastik dibagi menjadi empat kategori, yaitu

  • Tes Potensi Kognitif
  • Tes Penalaran Matematika
  • Tes Literasi Bahasa Indonesia
  • Tes Literasi Bahasa Inggris

Dalam Tes Potensi Kognitif, kemampuan kamu untuk bernalar dan berpikir logis akan diuji. Nah, di sekolah, kamu jarang banget dapat pelajaran ini. Butuh latihan banget sih untuk mengasah logika.


Tes Penalaran Matematika dalam SNBT tidak sama dengan tes matematika yang sering diujikan di sekolah, yang banyak berfokus pada rumus. Kalau di tes matematika pada umumnya, kamu bisa belajar banyak rumus cepat yang akan membantu kamu mengerjakan soal dalam waktu singkat secara tepat. Tetapi, dalam Tes Penalaran Matematika, yang diuji adalah bagaimana pemahaman kamu untuk mengaplikasikan materi matematika yang udah kamu pelajari ke dalam berbagai kasus-kasus yang akrab dengan kehidupan sehari-hari.

Sebelas dua belas dengan Tes Penalaran Matematika, Tes Literasi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dalam SNBT (UTBK) 2023 juga berbeda dengan tes Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang sering kamu jumpai yang umumnya berfokus pada hafalan, seperti hafalan majas atau grammar. Dalam Tes Literasi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia SNBT (UTBK) 2023, yang diuji adalah kemampuan pemahaman bacaan kamu. Jadi, untuk bisa mengerjakan soal tersebut dengan baik, kamu harus bisa memahami teks yang ada di soal, misalnya ide pokok yang dikemukakan di teks tersebut, informasi apa yang disertakan atau tidak disertakan di dalam bacaan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Fitur Menarik Higgs Domino Aceh, Tanpa Iklan Hingga Hadirkan Unlimited Chip!

Baca juga: Kumpulan Ide Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa, Bisa Cuan Banyak di Usia Muda

Baca juga: Daftar Pemain Film Malaysia Seratus (2022), Sharul Kamal dan Sara Ali Berkolaborasi Pecahkan Misteri Penculikan!

Nah, itu dia informasi sekilas yang bisa kami sampaikan mengenai panduan tes UTBK 2023. Semoga bermanfaat.

 

 

Sumber:

UPDATE TERBARU