Sunday 12th of May 2024

Tips dan Trik Merawat Ayam Bangkok Pakhoy, Bikin Makin Garang dan Siap Diadu Laga

×

Tips dan Trik Merawat  Ayam Bangkok Pakhoy, Bikin Makin Garang dan Siap Diadu Laga

--

3. Penjemuran

Setelah dimandikan, ayam perlu dilakukan penjemuran setiap hari. Batas waktu penjemuran dilakukan sampai pukul 10.30 saja, karena pada saat itu sinar matahari mengandung vitamin D dalam bentuk inaktif yang sangat membantu dalam proses pertumbuhan tulang dan bulu. Saat penjemuran, di bawah kurungan jemur jangan lupa dikasih alas kayu atau rumput agar ayam tidak kipu (mandi pasir) dan kotor kembali. 


Baca juga: Nonton Survival Show Korea Peak Time (2023) Episode 2 Sub Indo yang Viral di TikTok, Sarana Debut Kedua Buat Grup yang Kurang Populer

Baca juga: Bagaimanakah Perkembangan Kesenian Didong Sekarang? Jadi Sarana Untuk Sampaikan Aspirasi

Baca juga: Naik Terus! Harga Saham PT. Saranacentral Bajatama Tbk (BAJA) Menjadi Incaran Investor di Tahun 2023

4. Latihan Fisik

Latihan ini sangat penting dilakukan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan saat ayam berlaga di arena. Biasanya melatih ayam dilakukan mulai dari usia 6-7 bulan. Sedangkan pada usia 1-5 bulan pertama difokuskan untuk proses pertumbuhan badan.

Latihan fisik bisa dilakukan seminggu sekali saja, paling tidak empat hari sebelum ayam bertanding atau latihan tarung (gebrak/abar). Latihan fisik bisa dilakukan dengan cara dilarikan kecil-kecil, gerit, direnangkan, dan berbagai cara lain.

5. Latihan Tarung

Salah satu latihan mental dan fisik yang paling penting adalah latihan tarung, kira-kira 7 hari sekali dengan ayam sejenis maupun untul (ayam khusus untuk patner latihan). Dengan latihan tarung (gebrak/abar) yang rutin, selain melatih fisik juga merupakan latihan mental agar lebih berani, kreatif, dan tidak mudah trauma.

6. Jamu dan Vitamin

Pemberian jamu atau vitamin ini juga sangat penting. Banyak jenis atau produk jamu dan vitamin siap saji yang bisa diberikan pada ayam. Selain pakan yang diatur, pemberian vitamin dan suplemen juga harus dilakukan. Waktu yang bagus dalam pemberian vitamin adalah pada malam hari karena ayam berada dalam kondisi tenang. 

Sumber:

UPDATE TERBARU