Monday 6th of May 2024

Wisata Budaya ke Museum Yogyakarta Rumah Kalang, Pemahaman Potensi Klaster di Kotagede!

×

Wisata Budaya ke Museum Yogyakarta Rumah Kalang, Pemahaman Potensi Klaster di Kotagede!

--

ASCOMAXX.com – Jogja menjadi salah satu kota dengan banyak tujuan wisata. Kota ini memiliki banyak destinasi wisata baik di daerah tengah kota hingga pinggiran. Tidak hanya itu, berbagai macam wisata mulai dari sejarah, edukasi, dan masih banyak lainnya sudah tersedia di Jogja. Namun yang jadi incaran banyak orang tentunya adalah wisata budaya.

Kali ini kami akan berikan informasi jika kamu ingin berwisata budaya ke Museum Yogyakarta Rumah Kalang dengan pemahaman potensi klaster di Kotagede.


Baca juga: Menu Bale Bebakaran Gejayan, Yogyakarta Terbaru 2023 Berikut Daftar Harga, Lokasi, dan Jam Bukanya

Baca juga: Rekomendasi Kuliner Asli Bantul Yogyakarta Terenak yang Wajib Dicobain Pecinta Kuliner Nusantara

Baca juga: Daftar Harga Olive Fried Chicken Niten Yogyakarta Tahun 2023 yang Cocok Buat Kantong Pelajar dan Mahasiswa

Berwisata ke tempat yang bersejarah memang banyak dilirik oleh sebagian masyarakat. Jika berada di wilayah Jawa Tengah, salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah Museum Kotagede Yogyakarta untuk melakukan  wisata edukasi sejarah dengan cagar budaya bangunan rumah kalang.

Wisata Budaya di Museum Kotagede Yogyakarta

Dalam Museum Kotagede Yogyakarta, terdapat bangunan cagar budaya yang dikenal dengan Rumah Kalang. Rumah ini merupakan aset milik Pemerintah Daerah DIY dipilih sebagai lokasi museum. Museum yang terletak di Jl. Tegalgendu, Kotagede, Yogyakarta ini menempati bangunan cagar budaya Rumah Kalang dan menjadi titik pertemuan bagi keberadaan Museum Kotagede.

Rumah Kalang dikenal sebagai tempat tinggal orang Kalang, bagian dari masyarakat Jawa yang pada saat itu tinggal di lingkungan Keraton Mataram. Kata kalang dalam bahasa Jawa berarti pagar atau batas. Selain itu, pengunjung akan memahami 4 potensi klaster di Kotagede sebagai berikut.

Sumber:

UPDATE TERBARU