Saturday 18th of May 2024

IKN Dibangun! Pemekaran wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara Akan Dipercepat, Sudah Siap Pindah Ibu Kota Negara?

×

IKN Dibangun! Pemekaran wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara Akan Dipercepat, Sudah Siap Pindah Ibu Kota Negara?

--

ASCOMAXX.com - Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi mengenai Pemekaran wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara. Silahkan simak pembahasan secara lengkapnya berikut ini ya.

Kabupaten Penajam Paser Utara, yang terletak di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia, telah menjadi sorotan dalam beberapa tahun terakhir karena pemekaran wilayahnya. Pemekaran wilayah adalah proses pembagian atau pemisahan satu wilayah administratif menjadi beberapa wilayah yang lebih kecil. Kabupaten ini telah mengalami perkembangan signifikan dalam hal pemekaran wilayah, dan dalam artikel ini, kita akan menjelajahi proses pemekaran wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara serta dampaknya terhadap masyarakat dan pembangunan di daerah tersebut.


Baca juga: Update! Desa Setabu Telah Jalani Tahap Desa Persiapan Untuk Rencana Pemekaran

Baca juga: Rencana Pemekaran Papua Barat Daya, Ini 7 Kabupaten yang Miliki Potensi Untuk Kemajuan Negeri

Baca juga: Alfaduro atau Duromart Berkembang di Berbagai Kota, Ketua Hippindo: Bisa Jadi Bisnis Ritel Tradisional yang Menjanjikan

Sejak berdiri pada 2002, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terdiri dari empat kecamatan dengan 24 kelurahan dan 30 desa. Dengan adanya IKN, sebagian besar Kecamatan Sepaku dan beberapa desa akan menjadi bagian ibu kota baru. Praktis, Kabupaten PPU akan kehilangan satu kecamatan.

”Saat ini, tim percepatan pemekaran wilayah sudah dibentuk. Nantinya ada pemekaran kecamatan, ada pemekaran kelurahan, dan desa. Kami upayakan prosesnya secepatnya,” ujar Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten PPU Sodikin.

Sumber:

UPDATE TERBARU