Monday 6th of May 2024

Gentar Rencana Pemekaran Wilayah, Barito Raya Juga Ingin Jadi Provinsi Baru!

×

Gentar Rencana Pemekaran Wilayah, Barito Raya Juga Ingin Jadi Provinsi Baru!

--

ASCOMAXX.com - setelah rencana Kotawaringin Raya diusulkan sebagai daerah otonomi baru (DOB) di Pulau Kalimantan. kini, Barito Raya juga layak dimekarkan sebagai provinsi baru. Disebutkan Gubernur, jika langkah ini untuk mempercepat pemerataan pembangunan serta pelayanan masyarakat.

Barito Raya juga layak untuk dipecah menjadi provinsi baru. Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, menyatakan bahwa pemekaran wilayah adalah langkah yang tepat untuk mempercepat pembangunan yang merata dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.


Sugianto menjelaskan bahwa pada tahun 2021, telah diajukan proposal pembentukan Provinsi Kotawaringin Raya kepada Kementerian Dalam Negeri RI.

Usulan pembentukan wilayah otonomi baru ini disambut baik oleh beberapa pengamat, yang melihatnya sebagai langkah untuk mendukung pemerataan pembangunan dan efisiensi pelayanan publik.

Baik pemekaran Provinsi Kotawaringin Raya maupun Provinsi Barito Raya dianggap memiliki potensi yang baik untuk meningkatkan pembangunan daerah dan otonomi wilayah masing-masing.

Terlebih lagi, wilayah Barito Raya berdekatan dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang melimpah, sehingga pembentukan Provinsi Barito Raya dianggap sebagai daerah pendukung bagi perkembangan IKN.

Baca juga: Rencana Pemekaran Kabupaten Deli Serdang, Caleg Gerindra Bobby Octavianus Zulkarnain Sampaikan Pandangannya

Baca juga: Loa Ipuh Akan Alami Pemekaran jadi 3 Wilayah, Lurah: Untuk Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Baca juga: Daftar Wilayah yang Masuk Pemekaran Cianjur Selatan, Kini Sudah Di Pasang Monumen Titik Nol Oleh Bupati Herman Suherman

“Pada awalnya pembentukan Provinsi Barito Raya sudah memenuhi syarat lima kabupaten, yakni Barito Timur, Barito Utara, Barito Selatan, Murung Raya, dan satu kabupaten dari Kalimantan Selatan, yakni Barito Kuala. Sayangnya, pemekaran tersebut terganjal regulasi setelah Kabupaten Barito Kuala mundur,” beber Nuryakin.

Sekretaris I Panitia Pembentukan Provinsi Barito Raya, H. Nuryakin, menjelaskan bahwa upaya pemekaran Barito Raya telah dimulai sejak tahun 2012. Usulan pembentukan daerah otonomi baru ini bahkan muncul sebelum usulan pemekaran Provinsi Kotawaringin Raya.

“Kalau kita bicara potensi ke depan, Barito Raya layak menjadi provinsi tersendiri, karena memiliki kekayaan SDA yang melimpah. Dari segi penduduk dan infrastruktur, saya kira bisa dibangun seiring berdirinya. Kami sebagai orang Barito akan terus memperjuangkan pemekaran itu,” ungkap pria yang juga menjabat Sekda Kalteng.

Sumber:

UPDATE TERBARU