Sunday 5th of May 2024

Siap Direalisasi! Inilah Pembagian Pemekaran Wilayah Loa Ipuh Menjadi 3 Kelurahan yang Sudah Lengkapi Berkas

×

Siap Direalisasi! Inilah Pembagian Pemekaran Wilayah Loa Ipuh Menjadi 3 Kelurahan yang Sudah Lengkapi Berkas

--

ASCOMAXX.com - Rencana Pemekaran wilayah yang dilakukan oleh Loa Ipuh sudah mencapi 80% dan akan terus diurus hingga mencapai realisasi. Nah, berikut ini adalah pembagian cakupan wilayah Loa Ipuh yang akan menjadi 3 kelurahan. Simak lengkapnya dibawah ini. 

Kelurahan Loa Ipuh di Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), adalah salah satu kelurahan dengan jumlah penduduk terbesar di wilayah tersebut.


Terdapat 77 Rukun Tetangga (RT) di Tenggarong, beberapa di antaranya berbatasan langsung dengan Kelurahan Melayu, Panji, Maluhu, Mangkurawang, hingga Loa Ipuh Darat.

Baca juga: PA UIN Palembang Dilaporkan Kasus Pelecehan Senior ke Junior, Lancarkan Aksi Saat Korban Tertidur Lelap

Baca juga: Profil Biodata Kevin Steven Salim Pengendara Fortuner Tabrak Remaja Terpental Jauh, Ternyata Bukan Orang Sembarangan!

Baca juga: Kronologi Driver Ojol Rekam Pukuli Pemuda di Makasar, Ternyata Sudah Sering Ngajak Tidur Hingga 4 Kali

Karena kondisi ini, Loa Ipuh saat ini sedang mempertimbangkan pemekaran menjadi tiga kelurahan yang berbeda, yaitu Loa Ipuh, Loa Ipuh Seberang, dan Loa Ipuh Tengah. Persiapan untuk pemekaran ini sudah mencapai 80 hingga 90 persen, dengan persetujuan dari seluruh RT.

Namun, kendala yang dihadapi adalah kekurangan fasilitas kantor untuk kelurahan yang akan dimekarkan.

Renacana Pemekaran Wilayah Loa Ipuh 

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Kelurahan Loa Ipuh di Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), akan mengalami pemekaran menjadi tiga kelurahan yang berbeda, yaitu Loa Ipuh, Loa Ipuh Seberang, dan Loa Ipuh Tengah.

Tujuan dari pemekaran ini adalah untuk meningkatkan efektivitas layanan kepada penduduk. Erri Suparjan, Lurah Loa Ipuh, mengatakan bahwa saat ini sedang dilakukan persiapan untuk proses pemekaran, dan sebagian besar persyaratan telah disetujui oleh beberapa ketua RT di wilayah tersebut.

“Rencana ini sedang dalam progres hanya saja kami punya beberapa kendala termasuk penyediaan lahan untuk kantor kelurahan yang baru nanti,” jelasnya, Kamis (25/10/2023).

Sumber:

UPDATE TERBARU