Wednesday 15th of May 2024

Sejarah Letusan Gunung Ile Lewotolok di NTT, Aktif Sejak Tahun 1660! Kali Ini Meletus Lagi 2 Kali

×

Sejarah Letusan Gunung Ile Lewotolok di NTT, Aktif Sejak Tahun 1660! Kali Ini Meletus Lagi 2 Kali

--

ASCOMAXX.com –  Gunung Ile Lewotolok tercatat telah mengalami letusan sejak tahun 1660 kemudian tahun 1819, dan tahun 1849. Kemudian pada tanggal 5 dan 6 Oktober 1852 kembali terjadi letusan gunung Ile Lewotolok. Kala itu letusannya merusak daerah sekitarnya serta memunculkan kawah batu dan komplek solfatara di sisi timur-tenggara.

Lalu apa saja sejarah dan juga lokasi nya? nah buat kamu yang penasaran silahkan kamu simak disini ya supaya tidak ketinggalan informasi lengkapnya.


Baca juga: Kelebihan KK, Kelurahan Melayu Akan Dimekarkan Sebagai Solusi Lonjakan Jumlah Penduduk

Baca juga: Begini Tampang 4 Pelaku Penculikan IRT Di Riau Oleh Debt Collector, Ternyata Salah Satunya Oknum PNS!

Baca juga: Festival Pencak Silat Tradisional Pendekar Wira Utama 2023 Bangkalan Diikuti 167 Peserta dari 16 Perguruan Silat

Gunung Ile Lewotolok biasanya di sebut oleh warga yaitu Ile Ape merupakan salah satu gunung berapi dengan status aktif. Mengutip dari laman esdm.go.id, gunung yang memiliki ketinggian 1.455 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini terletak di Ile Ape, Kabupaten Lembata, NTT.

Untuk mencapai ke gunung ini, kamu perlu melakukan perjalanan yang ditempuh dengan jarak sekitar 15,5 kilometer dan waktu kurang lebih 27 menit jika dari Bandara Wunopito melalui rute Jalan Ring Ile Ape.

Sumber:

UPDATE TERBARU