Wednesday 15th of May 2024

Gunung Ile Lewotolok di NTT Dikabarkan 2 Kali Meletus, PMVMBG Imbau Masyarakat Buat Waspada!

×

Gunung Ile Lewotolok di NTT Dikabarkan 2 Kali Meletus, PMVMBG Imbau Masyarakat Buat Waspada!

--

ASCOMAXX.com –  Dikabarkan Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah mengalami erupsi pada Selasa (24/10/2023) pagi. Tercatat, hingga pukul 07.30 Wita, gunung setinggi 1.523 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu mengalami dua kali erupsi.

Erupsi tersebut menyebabkan beberapa maskapai penerbangan membatalkan keberangkatannya. Gunung Ile Lewotolok atau yang kerap disebut Ile Ape merupakan salah satu gunung berapi dengan status aktif.


Berdasarkan catatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral letusan yang terjadi dengan dengan waktu yang hanya selisih beberapa menit itu mengakibatkan luncuran abu vulkanik yang mengarah ke barat dan barat laut.

Baca juga: Sudah Dapat Izin! Forest Walk Sumedang Resmi Dibuka dan Jadi Wisata Baru Ramah Lingkungan

Baca juga: Viral di TikTok! Cuaca Panas Lihatkan Mobil Tua Pakai AC Rumah, Tuai Komentar Netizen Sebut Hanya Gimik

Baca juga: Usulan Pemekaran Wilayah di Provinsi Sumatera Utara, Diharapkan dapat Gali Potensi Tambang!

Gunung Ile Lewotolok biasanya di sebut oleh warga yaitu Ile Ape merupakan salah satu gunung berapi dengan status aktif. Mengutip dari laman esdm.go.id, gunung yang memiliki ketinggian 1.455 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini terletak di Ile Ape, Kabupaten Lembata, NTT.

Untuk mencapai ke gunung ini, kamu perlu melakukan perjalanan yang ditempuh dengan jarak sekitar 15,5 kilometer dan waktu kurang lebih 27 menit jika dari Bandara Wunopito melalui rute Jalan Ring Ile Ape.

Sumber:

UPDATE TERBARU