Tuesday 18th of June 2024

Viral di Tiktok, Pendaki ini Bagikan Kisah Horror di Gunung Argopuro, Penampakan Hantu Noni Belanda Tertangkap Kamera

×

Viral di Tiktok, Pendaki ini Bagikan Kisah Horror di Gunung Argopuro, Penampakan Hantu Noni Belanda Tertangkap Kamera

--

Puncak Gunung Argapura merupakan titik tertinggi di Pegunungan Iyang. Gunung ini terletak di kawasan Suaka Margasatwa Pegunungan Iyang, sehingga sering disebut sebagai Iyang-Argapura.

Kompleks Iyang-Argapura adalah rangkaian gunung berapi besar yang mendominasi pemandangan antara Gunung Raung dan Gunung Lemongan di Jawa Timur, Indonesia.


Gunung Argapura adalah puncak tertinggi di Pegunungan Iyang dan terletak antara Gunung Semeru dan Gunung Raung.

Kompleks ini memiliki beberapa puncak, yang paling terkenal adalah Puncak Rengganis atau Welirang, seperti yang tercatat dalam peta topografi tahun 1928.

Sedangkan puncak tertinggi Gunung Argopuro terletak sekitar 200 meter ke arah selatan dari Puncak Rengganis. Puncak tertinggi ini dinamai Argopuro dan ditandai dengan sebuah tugu triangulasi.

Baca juga: Daftar Cafe Hidden Gem di Trawas, Mojokerto Terpopuler 2023, Suguhkan Pemandangan Gunung dan Hamparan Sawah yang Sejuk Banget!

Baca juga: Sinopsis Film Race to the Summit (2023) Perjalanan Ueli Steck dan Dani Arnold Daki Pegunungan Alpen Swiss Untuk Pecahkan Rekor Baru

Baca juga: Alamat Lokasi Wisata Wanus Kediri, Ngopi Cantik Dengan Hamparan Indah View Hutan Pinus Gunung Wilis

Di dalam kompleks ini juga terdapat serangkaian lembah dengan kedalaman mencapai 1.000 meter. Pendakian Gunung Argapura memang menghadirkan tantangan tersendiri, terutama karena jalur pendakiannya yang cukup panjang. Oleh karena itu, trek pendakian ini dianggap sebagai yang terpanjang di Pulau Jawa dengan jarak sekitar 63 kilometer.

Gunung Argopuro terletak dalam rentang Pegunungan Iyang yang melintasi wilayah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Situbondo, dengan Puncak Rengganis terletak di wilayah Kabupaten Jember.

Menurut cerita masyarakat sekitar, di kawasan Puncak Rengganis konon tinggal Dewi Rengganis, yang konon merupakan adik dari Nyi Roro Kidul.

Demikianlah informasi mengenai video viral hantu noni belanda di tiktok. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan selalu bijak dalam menggunakan media sosial!

Sumber:

UPDATE TERBARU