Tuesday 21st of May 2024

Contoh Surat Gugat Cerai dan Cara Mengajukannya ke Pengadilan Agama Setempat

×

Contoh Surat Gugat Cerai dan Cara Mengajukannya ke Pengadilan Agama Setempat

--

Baca juga: Download Lagu DJ Viral Terbaru 2023 Full Bass Viral Format MP3/MP4 Gratis, Buat Harimu Jadi Makin Seru!

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja di Dealer Motor Honda Untuk Semua Posisi dan Cara Membuatnya


Baca juga: Viral! Tiktokers Bangmorteza Alias Fikri Murtadha Buat Kontroversi Lantaran Hina Agama Kristen : Cuma Jokes Aja Kok

4. Menyiapkan Biaya Perceraian

Biaya selama masa sidang cerai wajib dibayar pihak yang mengajukan gugatan cerai. Biaya-biaya tersebut, antara lain biaya pendaftaran, biaya meterai, biaya proses (ATK), biaya redaksi, dan biaya panggilan sidang.

Biaya yang dikeluarkan selama proses sidang perceraian tergantung dari kedua belah pihak yang bercerai. Jika salah satu pihak tidak pernah menanggapi surat panggilan persidangan, maka pihak pengadilan berhak membebankan biaya yang lebih besar.

5. Mengetahui Tata Cara dan Proses Persidangan

Saat proses persidangan berjalan, kedua belah pihak harus menghadiri persidangan untuk mengikuti mediasi. Dengan adanya mediasi, diharapkan kedua belah pihak bisa berdamai dan menarik gugatannya.

Namun, jika keputusan untuk bercerai sudah bulat, maka akan dilanjutkan dengan pembacaan surat gugat perceraian. Jika pihak tergugat tidak pernah memenuhi panggilan dari pihak pengadilan untuk mengikuti sidang, maka pihak pengadilan dapat membuat amar putusan yang berisi pemutusan sah antara suami dan istri.

Putusan ini kemudian akan dikirimkan kepada pihak tergugat sebagai bukti kalau pernikahan sudah berakhir. Apabila pihak yang tergugat sama sekali tidak memberi tanggapan mengenai amar putusan, maka pihak pengadilan berhak membuat surat akta cerai.

Sumber:

UPDATE TERBARU