Monday 6th of May 2024

Lirik dan Makna Syair Wali Songo yang Wajib Diketahui Oleh Umat Islam

×

Lirik dan Makna Syair Wali Songo yang Wajib Diketahui Oleh Umat Islam

--

ASCOMAXX.com - Berikut ini adalah informasi mengenai lirik dan makna syair wali songo yang wajib diketahui oleh umat islam langsung saja simak yuk informasi lengkapnya yang bisa kalian gunakan untuk latihan. 

Dakwah menjadi semacam kegiatan yang cukup populer di media sosial. Dakwah tak lagi dianggap sesuatu yang sakral dan monoton. Pola dan metode yang digunakan cukuplah beragam. Dari pendekatan menggunakan musik, budaya, atau bahkan menyatu dalam konten sehari-hari anak muda hari ini.


Banyak yang dapat dijadikan sebagai referensi, misalnya dalam Surat Al-Imran (3:159) dan Al-Baqarah (2:256). Dimana inti kedua ayat tersebut ialah Nabi dakwah dengan damai (lin;lembut) dan tidak ada paksaan untuk masuk agama Islam, manusia bebas memilih, toh sudah jelas mana yang benar dan mana yang salah.

Baca juga: Sinopsis Sijjin (2023) Adaptasi Film Horor Turki Soal Exorcism Islami Berjudul Siccin yang Disebut Jadi Horo Paling Seram

Baca juga: Penting! Ini Hukum Berzina Menggunakan Bantal/Guling Menurut Pandangan Islam, Cek Penjelasan Berikut Ini

Baca juga: Contoh Kalimat Pembukaan Dalam Memimpin Yasin dan Tahlil yang Benar Sesuai Ajaran Agama Islam

Dakwah dengan damai juga dipraktikan oleh wali songo, sebutan untuk para penyebar ajaran agama Islam di tanah Jawa. Alih-alih menyebarkan Islam dengan jalan kekerasan, wali songo memilih jalan damai dengan melakukan pendekatan psikologis masyarakat guna memancing minat mereka. Caranya pun tidak memaksa, namun lebih kepada memasukkan nilai nilai Islam kepada tradisi dan budaya masyarakat setempat.

Salah satu cara dakwah damai yang dilakukan wali songo itu terlihat juga dalam budaya tembang di dalam masyarakat Jawa. Banyak jenis-jenis musik Jawa yang isinya berupa dakwah peninggalan budaya bangsa Indonesia zaman dulu. Orang jawa menamakannya dengan nama “tembang jawa”.

Di antara tembang Jawa itu ada salah satu jenis tembang yang dinamakan dengan tembang macapat/tembang cilik, sebuah jenis tembang (lagu) yang berisi petuah atau wejangan (nasihat) yang disampaikan dengan cara bijak. 

Sumber:

UPDATE TERBARU