Sunday 19th of May 2024

Mengenal Arti P5 dalam Kurikulum Merdeka, Inilah Prinsip yang Diterapkan dan Diajarkan!

×

Mengenal Arti P5 dalam Kurikulum Merdeka, Inilah Prinsip yang Diterapkan dan Diajarkan!

--

Guru dapat merancang proyek pembelajaran dengan tujuan yang jelas, dan kompetensi sebagai pendidik menjadi lebih terbuka dan dapat berkolaborasi dengan rekan pengajar dari berbagai mata pelajaran untuk memperkaya materi pembelajaran yang disampaikan.

Baca juga: Link Download Contoh Soal Lingkaran yang Diarsir Beserta Kunci Jawabannya Kurikulum Merdeka 2023


Baca juga: Daftar Materi Pelajaran Bahasa Sunda Kelas 3 SD/MI Semester 1/2 Kurikulum Merdeka, Pelajari di Sini

Baca juga: Kunci Jawaban Soal Bahasa Sunda Kelas 3 SD/MI Halaman 40 Kurikulum Merdeka Soal Isian, Cek di Sini

Penerapan Prinsip P5

Mengacu pada panduan dari SMA Negeri 1 Ceper, berikut adalah prinsip-prinsip inti P5 yang perlu dipahami oleh semua elemen dalam satuan pendidikan, termasuk guru, staf sekolah, dan siswa.

Pendekatan Holistik

Prinsip holistik mendorong peserta didik untuk memahami isu dan materi dari berbagai perspektif, tidak hanya terbatas pada satu sudut pandang. Sebaliknya, peserta didik didorong untuk merenungkan setiap masalah secara mendalam.

Pembelajaran Kontekstual

Prinsip ini menekankan pentingnya membangun pembelajaran berdasarkan pengalaman dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari. Dengan cara ini, peserta didik dapat mengaitkan pelajaran dengan realitas kehidupan sebagai landasan utama ilmu pengetahuan.

Berpusat pada Peserta Didik

Prinsip ini menekankan bahwa peserta didik harus menjadi subjek pembelajaran yang aktif. Mereka diminta untuk berperan dalam setiap tahap, mulai dari pengamatan masalah di sekitar mereka hingga menemukan solusi.

Pendekatan Eksploratif

Prinsip ini mendorong semangat untuk memberikan ruang bagi perkembangan diri yang terstruktur. Staf pendidikan dapat menemukan pendekatan mereka sendiri dalam menyajikan materi, mengatur alokasi waktu pembelajaran, dan menyesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan mengenai arti dari P5 dalam kurikulum merdeka yang dimana penerapannya menggunakan pada panduan diatas, Sekian informasi dari kami, semoga bisa bermanfaat dan membantu. 

Sumber:

UPDATE TERBARU