Friday 3rd of May 2024

Pengertian Persilangan Monohibrid Dominan adalah Simak Uraian Selengkapnya di Bawah Ini

×

Pengertian Persilangan Monohibrid Dominan adalah Simak Uraian Selengkapnya di Bawah Ini

--

ASCOMAXX.com – Persilangan sendiri merupakan sebuah sarana untuk mewariskan gen atau sifat induk pada anaknya. Kali ini kami akan membahas mengenai monohibrid dominan. Pernahkah kamu mendengarnya? Nah, yuk simak informasi selengkapnya di sini, ya! 

Dalam ilmu genetika, pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya dapat terjadi melalui persilangan monohibrid maupun dihibrid. Kedua persilangan ini termasuk ke dalam prinsip-prinsip genetika yang dikenal sebagai Hukum Mendel. 


Persilangan monohibrid adalah persilangan dengan satu sifat beda. Persilangan ini hanya memperhatikan satu sifat saja, seperti warna bunga (merah, putih, dan ungu) atau bentuk buah (bulat, lonjong, dan kisut).

Baca juga: Mengenal Laboratorium Sains: Pengertian, Fungsi, Jenis, Hingga Alat-Alat yang Digunakan Dalam Penelitian

Baca juga: 15+ Kegiatan Anak TK Kurikulum Merdeka Tema Alam Semesta, Tingkatkan Minat Anak Pada Sains, Teknologi dan Teknik

Baca juga: Link Nonton Series Alter-Naratif (2023) Full Episode 1-8 Sub Indo, Series Sains Fiction Malaysia Yang Dibintangi Nabila Huda

Persilangan monohibrid merupakan eksperimen yang dilakukan untuk membuktikan Hukum Mendel I. Hubungan keduanya terjadi pada saat pembentukan gamet kedua (G2), gen di dalam alel yang sebelumnya berpasangan akan mengalami pemisahan secara bebas dalam dua sel anak (gamet).

Pengertian persilangan monohibrid

Persilangan monohibrid adalah persilangan dua induk (hibrida) untuk satu sifat (mono) yang berbeda. Persilangan monohibrid dilakukan untuk mengamati bagaimana keturunan hibrida tersebut mengekspresikan genotipe yang diturunkan orang tuanya.

Persilangan monohibrid dapat mengidentifikasi alel dominan untuk sifat genetik tertentu. Dalam persilangan monohibrid, hanya satu sifat yang diamati.

Sumber:

UPDATE TERBARU