Friday 17th of May 2024

Arti Ayat Summum Bukmum Umyum Fahum Layarjiun dalam Surat Al-Baqarah Berdasarkan Beberapa Tafsir

×

Arti Ayat Summum Bukmum Umyum Fahum Layarjiun dalam Surat Al-Baqarah Berdasarkan Beberapa Tafsir

--

Makna Bacaan Summum Bukmum Umyum Fahum Layarjiun

Menurut Ibnu Katsir Jilid 1 karya Dr. ‘Abdhullah bin Muhammad bin ‘Abdurrahman bin Ishaq Alu Syaikh (2004), summum bukmum umyum memiliki makna bahwa mereka tidak dapat mendengar petunjuk, tidak dapat melihatnya, dan tidak dapat memahaminya.

Baca juga: Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 102 Menurut Kemenag, Jelaskan Keburukan Tentang Sihir


Baca juga: Profil Gus Baha, Ulama Ahli Tafsir dan Pengasuh Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Lembaga Pendidikan dan Pengembang Alqur’an (LP3IA)

Baca juga: Keutamaan Surah Ali Imran Ayat 190-191 Berdasarkan Tafsirnya, Terkait Aturan Penting Musyawarah

Abu Qatadah, summum bukmum umyum fahum layarjiun memiliki makna mereka tidak dapat kembali. Maksudnya adalah merepa tidak dapat bertaubat dan tidak pula mereka ingat.

Walaupun telinga bisa untuk mendengar, mulut bisa berbicara, dan mata bisa melihat, namun jika seluruh panca indra yang telah lahir itu telah putus hubungannya dengan batin, sama saja dengan tuli, bisu, dan buta.

Kekafiran batin seorang munafik sedemikian kuat, hingga menutupi mata, telinga, dan lidahnya. Mereka tetap bertahan akan hal tersebut hingga tidak memperdulikan lagi. Orang munafik beranggapan bahwa mereka telah lebih dalam segala hal, akan tetapi hal tersebut mereka menjadi serba kekurangan dan memalingkan dirinya dari kebenaran.

Demikianlah informasi mengenai arti ayat Summum Bukmum Umyum Fahum Layarjiun dalam Surat Al-Baqarah yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat!

Sumber:

UPDATE TERBARU