Monday 17th of June 2024

Cara Menentukan Ide Pokok dalam Sebuah Paragraf dengan Mudah, Cepat, dan Tepat

×

Cara Menentukan Ide Pokok dalam Sebuah Paragraf dengan Mudah, Cepat, dan Tepat

--

Baca juga: Sinopsis Dorama Kanojotachi no Hanzai (2023) Kisah 3 Cewek Polos yang Ternyata Terkait Dengan Kasus Pembunuhan

Baca juga: Sinopsis Haunted Harmony Mysteries: Murder in G Major (2023), Usung Tema Misteri Investigasi Tentang Kasus Kematian Mantan Pacar Komposer Terkenal

Baca juga: Nonton Drama Yargi (Judgement) Season 3 Epsode 1 Sub Indo, Kelanjutan Kisah Pengacara Mengusut Kasus Besar

Pada umumnya ide pokok dapat diketahui dari pernyataan – pernyataan yang masih sangat umum. Sedangkan untuk kalimat penjelas biasanya dapat diciriakn mengandung bbeberapa hal seperti:

- Contoh


- Kasus

- Ilustrasi

- Uraian khusus yang mendukung kalimat utama

Pada gambar paragraf 1 tersebut penulis telah menaruh kalimat utama pada awal paragraf. Dengan adanya hal tersebut maka dapat diketahui bahwa ide poko berada diawal paragraf. Dedangkan dalam gambar paragraf 2 terseut telah diawali dengan menjelaskan kalimat – kalimat penjelas. lalu dapat disimpulkan dalam kalimat utama yang ada pada akhri paragraf.

Oleh karena itu maka dapat ditarik kesimpulan cara menentukan ide pokok dan ide penjelas dalam suatu paragraf perlu memperhatikan berbagai ciri – cirinya. Perlu diingat bahwa ide pokok tidak selalu diawal paragraf begitu pula dengan ide penjelasnya.

Demikianlah informasi mengenai cara menetukan ide pokok suatu bacaan yang dapat kami sampaikan. Semoga bisa bermanfaat!

Sumber:

UPDATE TERBARU