Sunday 26th of May 2024

Cara Menentukan Ide Pokok dalam Sebuah Paragraf dengan Mudah, Cepat, dan Tepat

×

Cara Menentukan Ide Pokok dalam Sebuah Paragraf dengan Mudah, Cepat, dan Tepat

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai cara menentukan ide pokok dalam suatu bacaan yang dapat kami sampaikan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Pada suatu paragraf pasti ada ide pokok maupun ide penjelas, dimana ide pokok merupakan gagasan utama atau pikiran pokok maupun pikiran utama dalam paragraf terebut. Sedangkan untuk ide penjelas ini adalah gagasan penjelan dan pikiran penjelas.


Baca juga: Contoh Susunan Acara Ulang Tahun Anak yang Seru Banget, Mulai dari Pembukaan hingga Selesai

Baca juga: Kumpulan Pantun Penutup MC Untuk Segala Acara, Berkesan di Hati Audien!

Baca juga: Menghindari dari Teknik Serangan Lawan Disebut Apa? Berikut Penjelasan Gerakan dalam Pencak Silat

Perlu kamu ketahui bahwa ide pokok ini berbeda dengan kalimat pokok atau kalimat utama. Definisi dari ide pokok ini yaitu suatu hal yang dapat digunakan sebagai inti atau pokok permasalahan yang telah mewakili isi dari suatu paragraf yang nantinya akan diuraikan.

Ide pokok ini dapat ditemukan melalui kalimat pokok atau kalimat utama. Sedangkan untuk ide penjelas ini merupakan uraian yang didalamnya berisi beberapa hal penting seperti keterangan contoh, sampai dengan rincian agar dapat mendukung dan memperjelas ide pokok. Dimana ide penjelas ini dapa ditemukan melalui kalimat – kalimat penjelas yang dapat mendukung kalimat topik.

Cara Menentukan Ide Pokok dan Ide Penjelas Dalam Sebuah Paragraf

Sebelum itu perhatikan kedua gambar berikut:

Sumber:

UPDATE TERBARU