Saturday 20th of April 2024

Mengenal Bioetanol Sebuah Energi Terbarukan yang Jika Dicampur Dengan Pertalite Akan Hasilkan Pertamax

×

Mengenal Bioetanol Sebuah Energi Terbarukan yang Jika Dicampur Dengan Pertalite Akan Hasilkan Pertamax

--

Mengenal Bioetanol Sebuah Energi Terbarukan Masa Depan

Bioetanol, biodiesel, dan biogas adalah jenis biofuel. Biofuel adalah energi yang terbuat dari materi hidup, biasanya tanaman. Biofuel dianggap energi terbarukan, mengurangi peran dari bahan bakar fosil dan telah mendapat perhatian dalam transisi ke ekonomi rendah karbon.

Bioetanol sendiri dihasilkan melalui teknik fermentasi biomassa seperti umbi-umbian, jagung atau tebu, dan dilanjutkan dengan destilasi. Jenis bioetanol ini dapat digunakan secara langsung maupun tidak langsung sebagai bahan bakar.


Biodiesel adalah minyak dari tumbuham atau hewan yang sudah dipakai sebagai alternatif atau digabung dnegan minyak solar untuk mobil dan armada industri dengan mesin diesel. Biodiesel menggunakan bahan baku minyak sawit mentah (Crude Palm Oil), minyak nyamplung, minyak jarak, minyak kelapa, Palm Fatty Acid Distillate (PFAD), dan minyak ikan. Bodiesel dapat digunakan pada mesin diesel tanpa modifikasi.

Pakar bioenergi ITB, Tatang Hernas Soerawidjaja menyatakan campuran bioetanol dapat menjadi solusi pengurangan tekanan impor BBM yang memberatkan neraca perdagangan Indonesia.

Bioetanol berpotensi pengurangan emisi gas rumah kaca hingga 43% termasuk CO2, NOx dan Partikel PM2.5 dan meningkatkan bauran energi terbarukan Indonesia yang ditargetkan mencapai 23% pada tahun 2025.

Baca juga: Klarifikasi Video Syur Mirip Dirinya, EVOS Una Minta Warganet Menyaring Berita di Sosial Media Sebelum Berkomentar

Baca juga: Viral! Hendra Kurniawan Ngaku Geram Lihat Berita Larang Buka Peti Jenazah Yosua

Baca juga: Rangkuman Berita Viral 2022: Dari Low Tuck Kwong Jadi Orang Terkaya hingga Trend Mainan Lato-lato

Demikianlah informasi Bioetanol yang akan digunakan sebagai campuran BBM di Indonesia. Bagaimana solusi ini menurut kamu? Akankah sukses diterapkan di Indonesia dan bisa menggantikan penggunaan BBM? 

Sumber:

UPDATE TERBARU