Sunday 19th of May 2024

Kunci Suling Dangdut Dasar yang Wajib Dihapalkan di Luar Kepala, Hapal Not Ini Dijamin Bisa Iringi Semua Lagu

×

Kunci Suling Dangdut Dasar yang Wajib Dihapalkan di Luar Kepala, Hapal Not Ini Dijamin Bisa Iringi Semua Lagu

--

Alat Musik Suling

Suling telah diperkirakan ada semenjak zaman purba. Peninggalan tersebut diperkirakan telah berumur sekitar 40.000 tahun. Beda halnya dengan suling zaman sekarang yang terbuat dari bambu, pada zaman purba dulu ia diciptakan dengan menggunakan tulang hewan sebagai bahan utamanya.

Di Indonesia sendiri alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup ini sangatlah terkenal hingga seantero Indonesia. Bahan pembuatannya sendiri, yakni bambu, sangat mudah untuk ditemukan di Indonesia. Dari waktu ke waktu suling mengalami perkembangan nada hingga tercapailah nada suling seperti sekarang ini.


Suling biasanya dimainkan sebagai pengiring instrumen musik lainnya dalam pementasan acara musik. Selain itu, ia juga bisa digunakan sebagai instrumen solo guna mengiringi nyanyian baik dengan suara yang rendah hingga suara tinggi sekalipun. Bunyi yang dihasilkan pun sangat khas dan biasanya agak melengking.

Cara Memainkan Kunci Suling Dangdut

- Apabila semua lubang pada seruling di tutup maka itu berbunyi do rendah. 
- Jika satu lubang yang paling bawah kita buka, maka menghasilkan nada re. 
- Apabila dua lubang terbawah kita buka, maka menghasilkan nada mi. 
- Kalau tiga lubang terbawah yang kita buka, maka menghasilkan nada fa. 
- Lalu, apabila kita membuka empat lubang terbawah akan menghasilkan nada sol. 
 
 
 

Kunci Suling Dangdut Dasar

Suling di Indonesia umumnya memakai kunci do, re, mi, fa, sol, la, si sebagai tangga nadanya. Di Indonesia sendiri, instrumen musik suling yang dimainkan dengan cara ditiup ini sangat populer dan terkenal sebagai pengiring musik dangdut, yaitu musik yang asli berasal dari Indonesia.

Suara dari alat musik tiup yang terbuat dari bambu ini pun dapat menghasilkan suara yang meliuk sehingga sangat cocok dijadikan sebagai iringan musik dangdut yang identik dengan liukan nada atau cengkok.

Bagaimana? Apakah sudah menjawab pertanyaan kalian semua? Sekian ringkasan informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian mengenai suling dangdut. Semoga sedikit banyak artikel ini bisa berguna dan bermanfaat ya.

Sumber:

UPDATE TERBARU