Thursday 2nd of May 2024

Definisi Structural Equation Modeling (SEM) Menurut Para Ahli dan Konsep Dasar yang Harus Diketahui

×

Definisi Structural Equation Modeling (SEM) Menurut Para Ahli dan Konsep Dasar yang Harus Diketahui

--

ASCOMAXX.com - Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas tentang SEM atau structural equation modeling. Mari simak pembahasan secara lengkapnya berikut ini ya.

Structural Equation Modeling (SEM) adalah metode statistik yang digunakan untuk menguji hubungan antara variabel-variabel kompleks dalam sebuah model. SEM digunakan secara luas dalam berbagai bidang, termasuk ilmu sosial, psikologi, ekonomi, dan ilmu-ilmu lainnya.


Bisa juga dikatakan Structural Equation Modeling (SEM) adalah suatu metode statistik yang digunakan untuk menganalisis dan memodelkan hubungan antara variabel-variabel dalam sebuah kerangka kerja. SEM memungkinkan peneliti untuk menguji teori-teori atau hipotesis tentang bagaimana variabel-variabel tersebut berinteraksi dan berdampak satu sama lain dalam sebuah model yang kompleks.

Baca juga: Pengertian Aksara Ngantet Adalah: Cek Definisi, Jenis-jenis, Tujuan, dan Cara Penggunaannya

Baca juga: Pengertian Kalimat Definisi: Ciri-ciri, Jenis dan Contoh Lengkapnya

Baca juga: Di Bawah Ini yang Merupakan Jenis Kalimat Definisi Adalah? Temukan Jawaban dan Penjelasan Disini!

Definisi Structural Equation Modeling (SEM) Menurut Para Ahli

Kaplan (2000):

"Structural Equation Modeling (SEM) adalah metode statistik yang melibatkan konstruksi model matematis untuk menggambarkan hubungan antara variabel-variabel dalam satu atau lebih populasi."

Kline (2015):

"Structural Equation Modeling (SEM) adalah teknik statistik multivariat yang menggabungkan analisis faktor konfirmatori, analisis jalur, dan analisis regresi linear berganda dalam satu kerangka kerja. Ini digunakan untuk menguji model hipotesis tentang hubungan antar variabel dalam satu model komprehensif."

Sumber:

UPDATE TERBARU