Sunday 19th of May 2024

Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 102 Menurut Kemenag, Jelaskan Keburukan Tentang Sihir

×

Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 102 Menurut Kemenag, Jelaskan Keburukan Tentang Sihir

--

Baca juga: Membaca Al Quran dengan Ilmu Tajwid Hukumnya Adalah? Berikut Penjelasan yang Umat Muslim Harus Tau!

Baca juga: Profil Pondok Pesantren Taruna Quran Yogyakarta, Bentuk Generasi Beraqidah Lurus


Baca juga: Program Pendidikan Pondok Pesantren Madinatul Quran Bogor, Membentuk Generasi yang Berkarakter & Visioner

Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 102

Untuk tafsirnya sendiri berdasarkan dari Kemenag, dn mereka, yaitu sebagian pendeta-pendeta Yahudi yang meninggalkan Taurat, mengikuti apa yang dibaca oleh setan-setan pada masa kerajaan Sulaiman.

Ketika Rasulullah menyebutkan Sulaiman sebagai seorang nabi, sebagian pendeta Yahudi mengatakan, Tidakkah kamu heran karena Muhammad mengatakan bahwa Sulaiman bin Daud adalah nabi, padahal ia adalah seorang tukang sihir' Allah lalu menurunkan ayat yang menyatakan bahwa Sulai man itu tidak kafir, tidak pula tukang sihir, tetapi setan-setan itulah yang kafir, mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua malaikat di negeri Babilonia, yaitu Harut dan Marut.

Padahal keduanya tidak mengajarkan sesuatu kepada seseorang sebelum mengatakan. Sesungguhnya kami hanyalah cobaan yang Allah turunkan bagimu, sebab itu janganlah kafir dan jangan pula kamu mengguna kannya untuk mencelakakan orang lain! Maka mereka mempelajari dari keduanya, kedua malaikat itu, apa, yakni sihir yang dapat memisahkan antara seorang suami dengan istrinya.

Mereka tidak akan dapat mencelakakan seseorang dengan sihirnya kecuali dengan izin Allah. Mereka mempelajari sesuatu yang mencela kakan dan tidak memberi manfaat kepada mereka. Dan sungguh, mereka sudah tahu, barang siapa membeli atau menggunakan sihir itu, niscaya tidak akan mendapat keuntungan di akhirat.

Sumber:

UPDATE TERBARU